Senin 30 Agustus 2021, 15:47 WIB

Tahap Ke-45, Sebanyak 9,2 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tahap Ke-45, Sebanyak 9,2 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

Antara/Muhammad Iqbal.
Pekerja melakukan bongkar muat envirotainer berisi vaksin covid-19 Sinovac di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/8).

 

HARI ini Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-45 berupa 9,2 juta vaksin Sinovac. Vaksin dalam bentuk bahan baku membuat Indonesia memiliki lebih dari 217,9 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi.

"Kedatangan vaksin ini akan diikuti kedatangan vaksin tahap berikutnya. Semua ini bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya keras mendatangkan vaksin covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Senin (30/8).

Dia menambahkan, hingga 26 Agustus 2021, capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 28,53% sedangkan vaksin dosis ke-2 sebesar 16,02%. Untuk itu, lanjut Muhadjir, percepatan capaian vaksinasi harus dilakukan. Dibutuhkan kerja sama yang amat erat dan peran serta seluruh elemen bangsa juga sangat diharapkan.

"Karenanya pemerintah mengajak semua pihak baik organisasi kemasyarakatan, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat, swasta, pelaku usaha, LSM, dan relawan bahu membahu bekerja sama demi suksesnya vaksinasi nasional," ujar Muhadjir.

Menko PMK mengakui saat ini Indonesia tengah berhadapan pada suatu kenyataan bahwa suka tidak suka mau tidak mau yakni mesti berdampingan dengan covid-19 dalam jangka waktu yang akhirnya belum bisa dipastikan. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu kerja sama yang terus diperketat dan dipererat dari seluruh elemen bangsa dengan menerapkan protokol kesehatan dan memanfaatkan semua kemampuan termasuk teknologi digital.

"Hal ini guna mempercepat pemulihan di bidang kesehatan, ekonomi, terutama di sektor produktivitas serta untuk mengakhiri pandemi," ujar Muhadjir. "Sekali lagi jangan lengah, tetap waspada tinggi agar pandemi ini akan terus terkendali," tambahnya.

Baca juga: 88% Siswa Mau Divaksin Agar Pertemuan Tatap Muka Lebih Aman

Dia juga menegaskan pemerintah mengajak masyarakat ikut menyukseskan program vaksinasi ini dengan segera datang ke lokasi vaksinasi. "Jangan pilih vaksin, karena semua vaksin sama dan berkhasiat," kata Muhadjir. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Wujudkan Kota Humanis Bagi Disabilitas Butuh Dukungan Semua Pihak

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:16 WIB
Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar diskusi bersama para penyandang...
MI/Insi Nantika Jelita

Luhut: Vaksinasi Covid-19 Booster Ada yang berbayar, Mulai 2022

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:05 WIB
Luhut menambahkan vaksinasi COVID-19 penguat akan diperoleh sebagian masyarakat Indonesia secara gratis dan sebagian lagi...
Dok. Kemendikbudristek

Kemah Karakter Virtual Puspeka Kemendikbudristek Raih Penghargaan Rekor Dunia dari MURI 

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:31 WIB
Dijelaskannya, KKVAI 2020 merupakan kemah virtual pertama di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya