Kamis 26 Agustus 2021, 12:10 WIB

Kemenag Dukung Sinergi Akselerasi Pengembangan Industri Halal

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemenag Dukung Sinergi Akselerasi Pengembangan Industri Halal

ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
Penjual menata produk kue yang dipamerkan pada acara Festival Halal di Pantai Marina Boom Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021)

 

Kementerian Agama mendukung peluncuran program Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Industri Halal. Program ini dicanangkan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang  sekaligus Ketua Harian Komite Nasional Keuangan & Ekonomi Syariah (KNEKS). 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa sebagai salah satu anggota KNEKS, Kementerian Agama menyambut baik kick off program sinergi ini. Menag mengatakan, sinergi ini memiliki irisan dengan salah satu tugas Kementerian Agama, yaitu sebagai penyelenggara Jaminan Produk Halal (JPH).

"Kemenag juga terus berakselerasi menyiapkan beragam infrastruktur yang mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada 2024 sebagaimana dicanangkan Bapak Wakil Presiden sebagai Ketua Harian KNEKS Oktober 2020," kata Menag dalam siaran pers kemenag, Kamis (26/8).

Baca juga: Dukung Program Pemerintah, RS Premier Bintaro Gelar Vaksinasi Gratis

Beberapa hal yang telah dilakukan Kemenag, lanjut Menag, di antaranya adalah mengintegrasikan sistem pelayanan sertifikasi halal dengan OSS secara online melalui web SIHALAL.

Kemenag juga melakukan penyederhanaan proses sertifikasi halal yang sudah diundangkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Pelayanan sertifikasi yang semula 3 bulan dipangkas menjadi hanya 21 hari.

Selain itu, bersama dengan Kementerian Keuangan, Kemenag juga telah menyelesaikan tarif layanan Badan Layanan Umum BPJPH, serta pemberian layanan gratis bagi sertifikasi halal UMKM.

Dalam rangka membangun sinergi, Kemenag juga terus melakukan berbagai kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, termasuk dengan KNEKS dengan fokus kerja sama pada fasilitasi sertifikasi halal bagi UMK. Kementerian Agama juga bersinergi dengan berbagai negara untuk membangun kompatibilitas lalu lintas produk halal antar negara, serta berkontribusi dalam forum-forum dunia untuk membahas industri halal global.

"Semua hal di atas bertujuan agar terjadi percepatan dalam sertifikasi halal sehingga turut mendorong terwujudnya Indonesia sebagai produsen produk halal dunia. Sebagai Menteri Agama, saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan kick off akselerasi pengembangan UMKM industri halal. Semoga KNEKS terus tumbuh dan berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat," pungkas Menag.

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid K

Pasukan Berkebaya Iringi Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:41 WIB
Mereka mengapit Tim Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila yang bertugas membawa duplikat Bendera Negara Sang...
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Terbanyak di Dunia, 3.000 Pustaka Bergerak Tersebar Hingga ke Daerah

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:01 WIB
 Tidak kurang dari 3.000 pustaka bergerak sudah tersebar hingga ke...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Masyarakat Diingatkan untuk Berhati-Hati Saat Bermedia Sosial

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:00 WIB
"Isu seks, agama, dan politik, ketiganya masuk kategori tema yang sensitif dan multitafsir untuk dibicarakan di media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya