Selasa 17 Agustus 2021, 14:00 WIB

Batan: Rayakan HUT ke-76 RI dengan Hasil Riset Unggulan

Humaniora | Humaniora
Batan: Rayakan HUT ke-76 RI dengan Hasil Riset Unggulan

MI/ANGGA YUNIAR
Proses pembuatan bahan bakar dari nuklir milik BadanTenaga Nuklir di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

 

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) dan peringatan kemerdekaan RI harus diisi dengan hasil riset dan inovasi unggulan untuk Indonesia maju dan masyarakat sejahtera.

"Setiap kali memperingati Hari Kemerdekaan RI, kita selalu mengingat tujuan kemerdekaan, yaitu masyarakat sejahtera. Oleh karena itu, Batan melalui visi Nuklir untuk Indonesia Berdaya Saing dan Sejahtera, mengisi kemerdekaan ini dengan upaya terus menerus meningkatkan kontribusi pada pembangunan nasional melalui inovasi hasil risetnya di beberapa bidang," kata Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan, Selasa (17/8).

Baca juga: Gotong Royong Jadi Kunci Wujudkan Indonesia Tangguh

Anhar menuturkan semangat melakukan riset dan inovasi di bidang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) harus senantiasa hidup dalam setiap insan riset dan inovasi Indonesia.

Menurut Anhar, menggelorakan semangat tersebut dapat dilakukan dengan mengingatkan tantangan yang dihadapi bahwa semangat Nuklir Untuk Indonesia harus benar-benar bisa terwujud.

"Dengan cukup banyaknya generasi muda di Batan, Visi Indonesia Maju 2045, kita gunakan untuk terus menggelorakan semangat mereka, mengingatkan mereka bahwa merekalah yang akan memegang peran dalam meneruskan visi Nuklir Untuk Indonesia Maju," ujar Anhar.

Ia menuturkan seluruh sumber daya manusia (SDM) Iptek termasuk di dalamnya peneliti, perekayasa dan pengembang teknologi nuklir, harus memaknai kemerdekaan RI sebagai ruang untuk mewujudkan masyarakat berbasis sains dan pembangunan berbasis SDM dan Iptek, tidak hanya berbasis sumber daya alam.

Baca: Pimpin Upacara di Istana Merdeka, Presiden Kenakan Pakaian Adat Lampung

Penciptaan SDM Iptek unggul di Batan dilakukan melalui berbagai cara diantaranya pelaksanaan kegiatan riset, pelatihan dan sertifikasi personil, serta pendidikan.

Dalam upaya menciptakan inovasi dan teknologi unggulan dan terbaru, Batan berupaya melakukan riset dan inovasi sesuai dengan state of the art setiap bidang riset dan yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Untuk itu, Batan berupaya untuk memperluas dan menguatkan kolaborasi dengan berbagai institusi baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Partisipasi Batan secara aktif di Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan kerja sama internasional dan regional lainnya juga kita manfaatkan untuk melahirkan inovasi unggulan dan terkini," ujar Anhar.(Ant/H-3)

Baca Juga

dok.ist

Hari Ozon, BMI Serukan Aksi Nyata Pengendalian Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:50 WIB
DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) sebagai sayap PDI Perjuangan menyerukan kepada semua pihak agar semakin peduli terhadap upaya melindungi...
ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Respons Aturan Baru Impor Kayu UE, Pemerintah RI Terbitkan Kajian Implementasi FLGET

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 September 2022, 17:45 WIB
Negara produsen perlu memberikan pengakuan pasar yang lebih luas atas sistem nasional yang saling menguntungkan pihak yang...
dok.korlantas

Korlantas Ajak Masyarakat Berkendara Aman Dengan Sepeda

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:11 WIB
KORLANTAS  Polri menggerakan program 'Cycling For Blue Sky and Road Safety'. Dalam program tersebut, Korlantas mengajak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya