Selasa 03 Agustus 2021, 18:55 WIB

Inilah Penyebab Target Vaksinasi Terkendala

Andhika Prasetyo | Humaniora
Inilah Penyebab Target Vaksinasi Terkendala

aa.com.tr
Ilustrasi

 

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah terus berupaya keras mengejar target dua juta vaksinasi Covid-19 per hari sebagaimana diinstruksikan Presiden Joko Widodo.

Kerja sama antara seluruh kementerian/lembaga dan TNI/Polri pun terus ditingkatkan baik dalam proses distribusi maupun pelaksanaan penyuntikan di lapangan. "Pemerintah berkomitmen mengejar cakupan vaksinasi. Program serbuan vaksinasi yang dilakukan bersama TNI/Polri juga terus digalakkan demi memastikan program berjalan lancar dan tepat sasaran," ujar Wiku kepada Media Indonesia, Selasa (3/8).

Ia mengaku, saat ini, kendala utama yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi adalah jumlah dosis vaksin jadi yang masih sangat terbatas. "Jumlah vaksin yang siap suntik masih terbatas. Pemerintah berusaha untuk mempercepat kedatangan dan kesiapan vaksin untuk segera disitribusikan," sambungnya.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan untuk saat ini, Jawa dan Bali masih menjadi wilayah konsentrasi vaksinasi.

Alasannya tidak lain karena jumlah kasus aktif dan kematian yang tinggi. "Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Yogyakarta, Surabaya Raya dan juga Malang Raya dan Bali itu adalah daerah yang tingkat kasus aktifnya paling tinggi dan juga kematiannya paling tinggi," terang Budi.

Ia mengungkapkan daerah-daerah yang disebutkan itu, pada Juli, baru bisa melaksanakan 382 ribu suntikan per hari. Pada Agustus, mantan wakil menteri BUMN itu menargetkan angka penyuntikan dapat dinaikkan menjadi 1,2 juta dosis per hari.

Dengan begitu, sasaran 2 juta dosis per hari secara nasional berpeluang untuk terwujud. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Pada AMME, RI Harapkan Berkontribusi Atasi Masalah Lingkungan Hidup

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:09 WIB
Indonesia secara terhomat menjadi tuan rumah pada pertemuan 16th ASEAN Ministerial Meeting on the Environment...
Antara

Menteri Agama: Perpres 82/2021 Kado Indah Buat Santri

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:25 WIB
UNTUK kedua kalinya, Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober diperingati masih dalam suasana pandemi...
Dok. Tokocrypro

Tokocrypto Dukung Penanaman Pohon Massal Melalui Tree Millions Alliance 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:13 WIB
Pada pelaksanaannya di Indonesia, 500.000 pohon direncanakan akan ditanam di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Lampung. Pepohonan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya