Selasa 03 Agustus 2021, 06:55 WIB

BIN Percepat Vaksinasi, Gelar di Ponpes dan Door to Door serta Bagi Sembako

mediaindonesia.com | Humaniora
BIN Percepat Vaksinasi, Gelar di Ponpes dan Door to Door serta Bagi Sembako

Ist/BIN
Kepala BINI Budi Gunawan saat berada di Pondok Pesantren Ummul Qura, Jl Pondok Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/8).

 

BADAN Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi untuk pelajar di sejumlah pondok pesantren dan warga secara door to door (dari rumah ke rumah) di tiga provinsi dengan target 7.000 orang. Tidak hanya vaksinasi, BIN juga membagikan 7.000 paket sembako kepada warga dan 7.000 paket Vitamin untuk anak-anak pondok pesantren.

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, tiga provinsi tersebut yakni Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Budi Gunawan juga menjelaskan alasan dipilihnya lokasi vaksinasi.

“Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif rate-nya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut,” ujar Budi Gunawan di Pondok Pesantren Ummul Qura, Jl Pondok Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/8).

Kepala BIN menyebut, ponpes merupakan ujung tombak ketahan­an NKRI. Sebab, di tempat ini terdapat para penerus bangsa dididik. Mereka juga diberikan paket vitamin untuk menunjang kekebalan komunal agar mencegah terpapar covid-19.

“Pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan kita, karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran,” ucap Budi Gunawan.

Di samping itu, BIN juga mengadakan vaksinasi secara door to door. Budi Gunawan mengatakan, vaksinasi door to door dilakukan supaya men­cegah laju kematian akibat covid-19.

Program vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah dibuat khususnya yang berada di perumahan padat penduduk. Karena menurutnya, klaster rumah tangga merupakan yang paling mendominasi jumlah terpapar.

“Di sini juga banyak yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Kami menargetkan saat ini bagaimana menekan angka laju kematian, makanya kami masuk di perumahan-perumahan padat penduduk,” ujarnya.

Ia menyebutkan, vaksinasi di perumahan padat penduduk merupakan targetnya. Semua itu menjadi stimulan yang akan terus dilakukan. Bahkan Kepala BIN sangat berharap kepada seluruh elemen masyarakat dan bangsa untuk saling bahu membahu dengan pemerintah dalam menyukseskan program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami harap semuanya bisa bersatu bahu membahu dengan pemerintah untuk menyukseskan program yang dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo, agar Indonesia segera mencapai target herd immunity atau ketahanan secara kolektif,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Ponpes Ummul Qura, KH Syarif Rahmat meng­ucapkan terima kasih kepada BIN. Dia berharap, semua pihak saling bahu-membahu berperang melawan virus korona.

Sementara, salah satu peserta vaksinasi door to door di RT03 RW04 Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Amin, mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan BIN saat ini sangat memudahkan dirinya dan keluarga. Karena dia tidak perlu antre serta pergi ke lokasi yang jauh untuk vaksin.

Selain menggelar vaksinasi, BIN juga membagi-bagikan sembako terhadap para warga yang terdampak covid-19. Total ada 7.000 paket sembako beserta vitamin yang diberikan kepada warga.

Ketua RT03 RW04 Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Suparman, menyambut positif kegiatan ini. Terlebih, mayoritas warganya berprofesi sebagai pedagang harian sehinga mengalami kesulitan di tengah pandemi.

Secara terpisah, Arwiyah, salah satu warga yang berprofesi sebagai pedagang sayur mengaku bersyukur mendapatkan bantuan sembako ini. Sebab, semenjak pandemi berlangsung penghasilannya menurun. (S2-25)

Baca Juga

ANTARA/ Dhemas Reviyanto

DPR Desak BPJS Kesehatan Mitigasi Dampak Pandemi Pada Kepesertaan JKN

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 17 September 2021, 15:45 WIB
Kemenkes dan DJSN diminta dapat memastikan bentuk kebijakan terkait implementasi Kelas Rawat Inap Standar dan Kebutuhan Dasar...
AFP/SAM PANTHAKY

Bahaya Kehamilan pada Pernikahan Anak bisa Menyebabkan Kematian

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 17 September 2021, 15:15 WIB
Karena banyak perkawinan anak dan banyak kehamilan pada usia anak maka stunting juga akan...
Antara

Jumlah Penerima KIP Kuliah pada 2022 Diusulkan Bertambah

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 17 September 2021, 15:08 WIB
Saat ini, usulan penambahan target penerima KIP Kuliah beserta anggarannya tengah dibahas Kemendikburistek bersama Kemenkeu dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya