Selasa 03 Agustus 2021, 06:10 WIB

Kejayaan Nusantara dari Telaah Arkeoastronomi

MI | Humaniora
Kejayaan Nusantara dari Telaah Arkeoastronomi

ANTARA
Benteng Marlborough

 

BERBAGAI kultur budaya dan banyaknya situs candi yang dibangun di Nusantara menunjukkan pada sejak zaman dahulu, pengetahuan astronomi sudah dimiliki para leluhur kita. Secara umum, pemanfaatan astronomi berkaitan dengan arah mata angin, waktu bercocok tanam, dan acuan dalam membangun candi. Berikut contoh yang disampaikan peserta NASE 2020.

▪ Situs Gunung Padang. Tata letak situs dipercaya dibangun berdasarkan pada rasi Pleiades.

▪ Benteng Marlborough di Bengkulu. Benteng itu merupakan peninggalan Inggris kala perang. Situs itu memiliki empat sudut sesuai dengan empat arah mata angin; satu sisi menghadap ke arah matahari terbenam sekaligus arah laut karena saat itu jalur untuk masuk ke Bengkulu harus melalui laut, sedangkan satu sisi menghadap ke arah matahari terbit sekaligus arah Kota Bengkulu.

▪ Candi Ceto, Jawa Tengah. Candi itu dianggap berkaitan erat dengan suku Inka Maya. Setiap matahari terbenam, lokasi matahari selalu tepat dan melewati di tengah Gapura masuk candi dan candinya pun menghadap arah matahari terbenam dan ada seperti ruangan semacam observatorium kuno di dalam Candi Ceto.

▪ Di Makassar,ada kearifan lokal yang disebut navigasi Bugis. Navigasi itu menggunakan rasi bintang Salib Selatan (Crux) sebagai indikator navigasi pelayaran.

▪ Candi Borobudur memiliki orientasi keterikatan dengan pergerakan benda langit karena setiap dua kali dalam setahun, Candi Borobudur mengalami siklus tahunan matahari. Terdapat pula kepercayaan proporsi 4:6:9 dan jarak antarstupa pada struktur Candi Borobudur berkaitan dengan sistem penanggalan kuno.

▪ Di wilayah pantai utara Jawa, rasi lintang Kartika digunakan untuk menandakan waktu dalam penanggalan Jawa. Jika rasi ini sudah terbit sekitar 50° di langit, musim ketujuh pun dimulai. Pada musim ini, beras muda harus mulai ditanam di sawah.

▪ Parhalaan ialah naskah kuno Batak yang berisi almanak untuk mengetahui waktu.

Penentuannya berdasarkan posisi pane na bolon (hala na godang) yang merupakan sinar menyerupai kilat yang digambarkan sebagai naga panjang. Panjangnya 1/4 lingkaran bumi dan mengitari delapan arah mata angin. Pengitaran berlangsung selama empat kali atau satu tahun. Contohnya, penentuan hari baik dan buruk berdasarkan rasi bintang Scorpio yang bentuknya seperti kalajengking.

▪ Masyarakat Aceh mempunyai kebiasaan untuk melakukan suatu acara atau memulai sesuatu seperti saat mau membangun rumah itu saat fase awal bulan, atau saat bulan sabit. Masyarakat Aceh yang rata-rata beragama Islam pada zaman dahulu juga menggunakan matahari untuk menentukan waktu salat sehingga di menasah (musala) desa dibangun menara untuk melihat matahari.

Indonesia dengan kekayaan budaya yang beragam hendaknya bisa menjadikan berbagai warisan budaya ini sebagai nilai jual tinggi melalui berbagai promosi, kegiatan dalam konteks astrotourism (wisata langit) berbasis kearifan dan budaya lokal. (M-2)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO.

Lima Langkah Preventif Sebelum Izinkan Anak Jalani PTM

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 September 2021, 00:05 WIB
Dokter Spesialis Anak dr. Natasya Ayu Andamari, SpA memberikan sejumlah kiat tindakan pencegahan yang bisa dilakukan orang tua sebelum...
Antara/Galih Pradipta

Dampak Pandemi, Nadiem: Satu Generasi Kehilangan Hampir Setahun Pembelajaran 

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 September 2021, 23:55 WIB
"Anak-anak kemungkinan besar kehilangan antara 0,8-1,2 tahun pembelajaran. Jadi seolah-olah satu generasi kehilangan hampir setahun...
Dok. Pribadi

Tampil di Zakat Innovation Week, Rumah Kutub Paparkan soal Sedekah Minyak Jelantah 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 23:37 WIB
ERSENYUM adalah singkatan dari Terima Sedekah Minyak Jelantah untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya