Sabtu 31 Juli 2021, 20:25 WIB

Kolaborasi Tokopedia, BenihBaik.com, DKMG Salurkan Bantuan Fasilitas Pasien Covid-19 di Bogor

Dede Susianti | Humaniora
Kolaborasi Tokopedia, BenihBaik.com, DKMG Salurkan Bantuan Fasilitas Pasien Covid-19 di Bogor

MI/Adam Dwi.
Pendiri Yayasan BenihBaik Indonesia Andy F Noya (kedua kiri) secara simbolis menyerahkan donasi kepada Ketua Yayasan Media Group Ali Sadikin

 

TOKOPEDIA, salah satu unicorn unggulan Indonesia, berkolaborasi dengan BenihBaik.com dan Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG) menyalurkan bantuan berupa fasilitas atau perlengkapan isolasi untuk pasien covid-19 di Kota Bogor. Bantuan seberat 7 ton yang dibawa dengan menggunakan kendaran angkutan besar (tronton) diserahkan langsung ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Sabtu (31/7).

Serah terima dilakukan oleh perwakilan Tokopedia kepada Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor di Posko Bantuan Covid-19 di Gedung Olahraga Wanita (GOW) Jalan Jenderal Sudirman, Bogor, Jawa Barat. Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, bantuan yang dibawa tersebut merupakan donasi dari para pengguna Tokopedia.

"Hari ini kami menyerahkan donasi berupa 2.750 barang untuk membantu Pemkot Bogor dalam program isolasi mandiri terkendali. Ini merupakan hasil dari donasi para pengguna Tokopedia," ungkap Astri.

Donasi itu, lanjutnya, diwujudkan dalam bentuk barang yakni velbed, kipas angin, dispenser air minum, meja lipat, ember, gayung, kanebo, sapu lantai, alat pel, dan larutan disinfektan dalam jumlah masing-masing 275 unit. "Kami berharap barang- barang ini dapat bermanfaat supaya Bogor bisa cepat pulih dari pandemi," imbuhnya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut bentuk kerja sama Tokopedia dan Pemkot Bogor yang selama ini sudah terjalin. Pun demikian kepada masyarakat pengguna Tokopedia dan Benihbaik.com yang jadi mitra selama ini.

Astri menyebut, untuk bantuan berupa fasilitas atau perlengkapan itu Kota Bogor merupakan kota pertama. Bantuan serupa akan dilanjutkan ke kota-kota lain.

"Ini kami masih di awal karena donasi ini nanti disalurkan oleh Benihbaik dan macam-macam bentuknya. Ada donasi yang berupa barang dan Tokopedia juga bagian dari go to, sedang membuat rumah oksigen juga," jelasnya. Sebelumnya atau kegiatan peduli lain yang sudah dilakukan di antaranya vaksinasi UMKM di Jakarta, Solo, dan Semarang.

Ketua Yayasan Media Group Ali Sadikin mengatakan pihaknya bersama Benihbaik.com menyalurkan bantuan dari Tokopedia dengan harapan bisa membantu masyarakat, khususnya Kota Bogor dan sekitarnya, untuk mendapatkan fasilitas isoman dengan lebih baik. Dia juga mengungkapkan bahwa Media Group (Media Indonesia, Metro TV, Medcom.id, dan Lampung Pos) dengan benih baik.com mengajak seluruh masyarakat dan perusahaan- perusahaan yang ada di Indonesia selalu bekerja sama.

Selain fokus bantuannya saat ini di alat kesehatan, peralatan untuk bantuan isolasi mandiri, tabung gas, pihaknya juga akan memberi dukungan bantuan sembako. "Kami melihat banyak masyarakat yang terdampak kejadian ini. Sedikit demi sedikit kami akan bantu segera selesai," ungkapnya.

Dia mengatakan, bantuan perlengkapan untuk isolasi itu diberikan ke Kota Bogor karena sudah siap tempatnya. "Banyak kota atau kabupaten yang punya program, tapi belum ada tempatnya. Kami tinggal membantu isinya. Kami memprioritaskan Kota Bogor karena dekat juga," ungkapnya.

Meski demikian, Ali menyebut bahwa perhatian pihaknya juga kini sudah menyasar daerah-daerah yang di luar Pulau Jawa. "Kami sekali lagi membuka Dompet Kemanusiaan Media Group tiga bulan dan sekarang, minggu-minggu ini, juga sudah mulai untuk bergerak ke luar Pulau Jawa walaupun masih sedikit. Tabung gas, vitamin, dan lain-lain mulai dikirim dengan jalur laut. Kami memperhatikan apalagi ada lima pulau Jawa-Bali yang sekarang mengalami kenaikan yang signifikan," pungkasnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya sangat antusias menerima donasi dan mengapresiasi yang dilakukan Tokopedia. "Tokopedia berkolaborasi dengan pemkot dalam situasi yang normal dan sulit sekarang pun tetap kemitraan itu berlanjut. Kita perlu untuk membantu menguatkan warga yang isoman, warga yang diisolasi. Dan alhamdulillah hari ini dibantu perlengkapan-perlengkapan untuk isolasi oleh Tokopedia dan Media Group. Saya mengucapkan terima kasih," ungkap Bima.

Dia menyebut, saat ini berdasarkan data ada sekitar 3.000 warganya yang masih isoman. Untuk data yang meninggal berkurang, data yang positif masih fluktuatif, tapi data yang sembuh naik. "Saya masih belum berani bilang bahwa ini terkendali. Perjalanan kita masih panjang. Penguatan harus dari hulu sampai hilir. Dengan bantuan ini, pertarungan di hulu akan diringankan. Pertarungan di hulu memerlukan perlengkapan. Salah satunya tentu kelengkapan tempat tidur yang disiapkan oleh Tokopedia," katanya. (OL-14)

Baca Juga

dok.Unas

Ada 2.710 Mahasiswa Baru Unas Ikuti PLBA secara Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 16:00 WIB
Sebanyak 2.710 mahasiswa baru Unas mengikuti Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) secara...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Disdik DKI Pastikan Rencana PTM di 1.500 Sekolah Jalan Terus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 24 September 2021, 15:51 WIB
Kasubbag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja, menegaskan saat ini proses asesmen untuk pembukaan sekolah tatap muka di kurang lebih 890...
Antara

Terima Aduan 19 Ribu Guru Honorer, PGRI Desak Perbaikan Sistem Rekrutmen PPPK

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 24 September 2021, 15:45 WIB
PENGURUS Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) menerima sekitar 19.752 aduan dari para guru honorer dari berbagai daerah di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya