Sabtu 31 Juli 2021, 17:09 WIB

BNPB Berikan Bantuan 50 Ribu Masker kepada Provinsi Bali

Atalya Puspa | Humaniora
BNPB Berikan Bantuan 50 Ribu Masker kepada Provinsi Bali

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Ilustrasi.

 

BNPB melakukan pemantauan pelaksanaan PPKM level 4 beberapa wilayah di Provinsi Bali pada 29-30 Juli 2021. Kegiatan tersebut dibarengi dengan edukasi warga dan pembagian masker kepada masyarakat setempat. Total bantuan masker kepada Provinsi Bali berjumlah 50 ribu lembar. Sekitar 12 ribu di antaranya untuk masyarakat Jembrana dan Buleleng.

BNPB melalui Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi terjun langsung di tengah masyarakat untuk mengetahui sejauh mana peran Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam pengendalian penyebaran covid-19. Aksi ini bertujuan memantau dan mengevaluasi implementasi pemberlakuan PPKM level 4, khususnya di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng.

Tim BNPB yang dipimpin oleh Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB Andi Eviana menyampaikan, kegiatan pemantauan dan evaluasi penerapan PPKM mikro ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kebijakan penanganan covid-19 ke depan.

Menurutnya, upaya bersama pemerintah dan masyarakat untuk mengendalikan dan mengakhiri pandemi covid-19 menjadi harapan semua pihak. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, termasuk perekonomian lokal. Seperti diketahui, pasar tradisional khususnya yang menjual bahan pokok bisa beroperasi tetapi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, ketersediaan masker, tempat cuci tangan, dan pengawasan agar tidak terjadi kerumunan menjadi sangat penting.

"Pemerintah tidak akan bisa mengendalikan pandemi covid-19 tanpa dukungan dan kesadaran penuh dari masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan," jelas Eviana dalam keterangan resmi, Sabtu (31/7). Ia menambahkan, perekonomian merupakan salah satu sektor kritikal yang menjadi perhatian pemerintah di tengah pandemi ini.

"Oleh karena itu, pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk bersama-sama melawan covid-19 sehingga perekonomian bangsa dapat pulih dan Indonesia bangkit," jelas Evi. Saat melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan masker yang diterima langsung pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat.

Baca juga: Bersama Sejumlah Pemda, Sinar Mas Land Memvaksinasi Lebih dari 54.000 Orang
 

BPBD Kabupaten Jembrana memperoleh bantuan masker sebanyak 5.000 dan Kabupaten Buleleng 7.000. Masker tersebut selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat, terutama para pelaku usaha ekonomi produktif. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal.

Keseimbangan antara Relaksasi Kegiatan dan Terkendalinya Covid-19 Harus Dijaga

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 15:01 WIB
Menjelang akhir tahun para pemangku kepentingan dan semua pihak harus mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi pergerakan orang di masa...
MI/Koresponden

Menko PMK Minta BPJS Kesehatan Optimalkan Pemanfaatan Big Data

👤Atalya Puspa 🕔Senin 18 Oktober 2021, 13:46 WIB
Muhadjir Effendy meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan big data dalam melakukan...
Antara/Yusuf Nugroho.

Ditanya tentang Hukum Maulid Nabi, Imam As-Sakhawi Jawab Begini

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 13:39 WIB
Dalam kitabnya berjudul al-Ajwibah al-Mardliyyah, juz III, halaman 1116, ulama bermazhab Syafii itu menjawab hal tersebut dengan panjang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya