Senin 26 Juli 2021, 18:15 WIB

Adapto, Fitur Baru Ruangguru untuk Interaksi Bak Guru Privat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Adapto, Fitur Baru Ruangguru untuk Interaksi Bak Guru Privat

Antaranews.com
Adapto

 

Menyambut tahun ajaran baru, Ruangguru meluncurkan Adapto, sebuah fitur baru yang memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA, dan dapat dinikmati langsung dari aplikasi Ruangguru.

"Setiap siswa memiliki pola, ritme dan peta belajarnya masing-masing. Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis," kata Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangannya pada Senin.

Lebih lanjut Belva mengatakan selama belajar jarak jauh dari rumah, interaksi belajar siswa telah jauh berkurang. Hasilnya, banyak siswa yang merasa kurang paham dan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. "Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur. Karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," kata Belva.

Cara kerja
Jalan cerita dari video belajar yang ditonton oleh siswa akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan pilihan jawaban yang diambil oleh siswa selama belajar. Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”. Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya.

Namun apabila siswa memilih “Bingung”, maka guru akan akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami. Fitur Adapto juga dapat mengukur kemampuan siswa melalui kuis di tengah video belajar. Ketika jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa. Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan dan gaya belajarnya.

"Meskipun terlihat sederhana, namun proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit. Untuk setiap satu video belajar yang dibuat, ratusan guru dan ahli di berbagai bidang harus memikirkan berbagai kemungkinan peta jalan belajar siswa, sehingga harapannya pengalaman belajar bisa menjadi lebih personal menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman masing-masing siswa," kata Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

Inovasi semacam Adapto adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan inovasi revolusioner di dunia pendidikan. Harapannya, lewat inovasi ini, pembelajaran siswa dapat jauh lebih personal, menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman setiap siswa. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

Dari Hasil Penelitian, Ada Perbedaan Nilai Perorangan dan Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:18 WIB
Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno mengtaakan hal ini mengindikasikan adanya ketidakselarasan antara...
MI/ Abdillah M Marzuqi

BPJPH Pantau Ekosistem Industri Halal

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:00 WIB
BPJPH berupaya meningkatkan layanan jaminan produk halal dengan upaya proaktif, kreatif, dan...
DOK Sinar Mas Land.

BBQ 2021: Ratusan Anak Berlomba Membaca Al-Qur'an secara Virtual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:35 WIB
Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur'an...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya