Senin 26 Juli 2021, 06:00 WIB

Poliherbal Perbaiki Status Gizi Pasien Gagal Ginjal

Mediaindonesia.com | Humaniora
Poliherbal Perbaiki Status Gizi Pasien Gagal Ginjal

DOK Pribadi.
Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD KGH SpGK.

 

PENYAKIT ginjal kronis merupakan kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih. 

Pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh. 

"Penggunaan albumin direkomendasikan karena albumin merupakan indikator yang baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang. Onoiwa MX merupakan sediaan oral albumin dengan komposisi utamanya yaitu ekstrak Channa striata (ikan gabus) yang kandungan nutrisinya kaya akan albumin, sehingga dapat membantu memperbaiki status gizi pasien dalam kondisi tersebut," ujar Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD KGH SpGK dalam keterangan resmi, Minggu (25/7). 

Dalam hal tersebut, Prof Haerani membahas mengenai peran poliherbal sebagai terapi adjuvant untuk meningkatkan status nutrisi pada pasien dengan penyakit ginjal kronis (gagal ginjal). Ini karena Onoiwa MX merupakan kombinasi likuid yang terdiri dari Channa striata 5.100 mg, Curcuma xanthorriza (temulawak) 240 mg, dan Moringa oleifera (daun kelor) 240 mg.

Prof Haerani menyampaikan itu dalam simposium dan workshop virtual yang diselenggarakan oleh Divisi Endokrin Metabolik dan Divisi Nefrologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUP Universitas Hasanuddin di event Celebes Nephro-Endo Metabolic Update/CNEMU VII dengan topik Optimasi Manajemen Kasus Ginjal-Hipertensi dan Endokrin-Metabolik Diabetes dengan Penyulit Kardiovaskular pada sesi Plenary Lecture, Sabtu (24/7), dengan moderator Dr dr Andi Makbul Aman SpPD KEMD, Makassar, Sulawesi Selatan. Nucleus Farma selaku produsen obat natural berbahan dasar alami lokal asli dari Indonesia tersebut berpartisipasi dalam kegiatan seminar kesehatan itu. 
 
Begitu pun, lanjut Prof Haerani, pasien diabetes mellitus. Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. 

Baca juga: Cegah Hipertensi Penyebab Penyakit Jantung, Gagal Ginjal, Stroke

Albumin dapat membantu memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak sehingga dapat memproduksi insulin. Insulin berperan dalam memecah glukosa pada darah menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh. Produksi insulin yang cukup oleh sel beta pankreas menyebabkan kadar gula darah menurun. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Santri Dibekali Kemampuan dan Pengetahuan Digital

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 01:32 WIB
Menurutnya, inklusi keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicita-citakan di Perpres No. 114 tahun 2020 tentang...
Antara

Menkominfo Ingatkan Jangan Abai Terapkan Prokes

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:53 WIB
Tingkat kepatuhan protokol kesehatan mengalami penurunan, terutama menjaga jarak dan menghindari...
AFP

Kemenkes Pastikan Bantuan Logistik Penanganan Erupsi Semeru Terus Berjalan

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:48 WIB
Untuk fasilitas kesehatan, Kemenkes telah menyiapkan empat pos...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya