Kamis 22 Juli 2021, 15:18 WIB

Cegah Penularan Covid-19, RS Membuat Poliklinik Drive Thru untuk Anak

Eni Kartinah | Humaniora
Cegah Penularan Covid-19, RS Membuat Poliklinik Drive Thru untuk Anak

Ist
Cegah penularan Covid-19, rumah sakit membuat poliklinik drive thru untuk anak.

 

PANDEMI Covid-19 yang terus berlanjut mendorong semua sektor industri melakukan berbagai inovasi dan perubahan besar-besaran guna beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Tanpa terkecuali di sektor kesehatan, terutama penyelenggara pelayanan kesehatan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan rasa cemas bagi semua orang saat harus berkunjung ke rumah sakit, baik untuk konsultasi dengan dokter, membeli obat atau pun melakukan kegiatan lainnya seperti imunisasi, terapi, dan lain-lain.

Dengan melihat perkembangan fasilitas dan teknologi yang ada dan untuk menjawab tantangan di masa pandemi ini, RSIA & RSU Bunda yang merupakan unit usaha dari PT Bundamedik Tbk (BMHS) melakukan berbagai inovasi dan adaptasi pelayanan seperti menghadirkan layanan baru yaitu poliklinik drive thru yang khusus diperuntukkan bagi anak.

Berbeda dengan layanan drive thru lainnya, layanan ini hanya melayani program imunisasi pada bayi dan anak dengan pemeriksaan ringan non penyakit.

Nurhadi Yudiyantho SE AKT, Managing Director BMHS (Bundamedik Healthcare System) mengatakan,“Poliklinik Drive Thru kami hadirkan khusus untuk membantu orang tua yang memiliki bayi atau anak balita yang harus melaksanakan program imunisasi." 

"Adanya Poliklinik Drive Thru khusus anak sangat membantu mengurangi kecemasan para orang tua, terbukti sejak kami luncurkan di awal Juli 2021 hingga saat ini, lebih dari 30 pasien telah memanfaatkan layanan tersebut.," kata Nurhadi pada keterangan pers, Kamis (22/7).

" Oleh karena itu kami yakin kehadiran Poliklinik Drive Thru khusus anak mampu menjawab kebutuhan dan memberikan rasa aman kepada orang tua khususnya para ibu yang ingin melaksanakan program imunisasi sang buah hati, sehingga kini tak perlu lagi menunda jadwal imunisasi,” jelasnya.

“Poliklinik Drive Thru khusus anak kini telah tersedia di semua RSU dan RSIA Bunda. Poliklinik drive thru khusus anak di RSU dan RSIA Bunda ini diharapkan mampu menjadi yang terdepan di Indonesia," ujar Nurhadi.  

"Selain itu, guna memastikan pelayanan prima dan mengedepankan keselamatan pasien, seluruh RSIA & RSU Bunda telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga terciptanya green zone yaitu area dengan resiko penyebaran virus rendah, disetiap unit pelayanannya,”  tutur Nurhadi.

Selain poliklinik drive thru khusus anak, RSIA & RSU Bunda telah menyiapkan berbagai inovasi dan adaptasi menuju transformasi digital seperti salah satunya Telemedicine atau Telekonsultasi, sebagai strategi menghadapi setiap tantangan di masa pandemi Covid-19 saat diterapkannya PPKM. 

Telemedicine atau telekonsultasi dihadirkan dengan tujuan agar pasien dapat tetap berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit. Caranya sangat mudah, pasien hanya perlu membuat janji konsultasi melalui nomor hotline 1-500-799, paling lambat satu hari sebelum appointment.

Setelah mendapat jadwal konsultasi, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter yang dipilih secara virtual. Di akhir konsultasi, pasien akan mendapat resep obat, keterangan hasil konsultasi dan cara minum obat secara detail serta layanan pengantaran obat. 

Selain konsultasi dokter dan pembelian obat, pelayanan laboratorium dengan metode home service dari laboratorium Diagnos juga dapat diakses melalui layanan Telemedicine. Ke depannya, RSIA & RSU Bunda akan menggandeng berbagai pihak guna memberikan berbagai kemudahan dan pelayanan prima kepada seluruh konsumen. (Nik/OL-09)

Baca Juga

ISTIMEWA

BMKG: Gempa Pacitan M5,0 Berdekatan dengan Sumber Gempa Besar 1937

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:05 WIB
Hingga pagi ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian gempa tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan...
ANTARA/ ISTIMEWA

Pascagempa Pacitan, Risma Minta Pemda Perhatikan Prediksi Bencana BMKG

👤HUMANIORA 🕔Rabu 28 Juli 2021, 11:55 WIB
Menurut hasil penelitian, Kabupaten Pacitan salah satu kawasan di garis pantai selatan Pulau Jawa yang berpotensi gempa dan...
ANTARA/ Istimewa

Kemenkes Cegah Penularan Dini 18 Juta Kasus Hepatitis

👤HUMANIORA 🕔Rabu 28 Juli 2021, 11:20 WIB
Hingga 2021, layanan pengobatan DAA telah tersedia di 40 rumah sakit yang tersebar di 18 provinsi dan secara bertahap akan diperluas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya