Jumat 25 Juni 2021, 12:51 WIB

Menkes: Kesehatan Ibu dan Anak, Indikator Keberhasilan Negara

 Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Menkes: Kesehatan Ibu dan Anak, Indikator Keberhasilan Negara

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu indikator kesehatan dari keberhasilan suatu negara.

Oleh karena itu, upaya peningkatan kesehatan ibu juga dilakukan dengan keluarga berencana yang merupakan upaya untuk mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan.

"Mengatur juga kehamilan melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas," kata Menkes Budi dalam sambutan Webinar series kesehatan ibu, keluarga berencana keren untuk cegah kematian ibu dan Stunting, Jumat (25/6).

Secara global Keluarga Berencana berhasil mencegah 44% kematian ibu. Selain itu, Keluarga Berencana merupakan pilar pertama dari safe motherhood yang mempunyai peran penting dalam menurunkan risiko kematian ibu dan juga membentuk generasi berkualitas.

"Melalui Keluarga Berencana kehamilan berisiko maupun kehamilan yang tidak diinginkan dapat dicegah sehingga kematian ibu akibat komplikasi dapat diturunkan," sebutnya

Dia berharap setiap pasangan dapat mengenal dan memahami program Keluarga Berencana ini. Sehingga persiapan kehamilan juga harus didukung dengan pemenuhan asupan gizi calon ibu melalui konsumsi makanan bergizi seimbang dan minum tablet tambahan darah secara teratur.

"Ini penting dilakukan untuk menghindari risiko anemia dan kurang energi kronis yang dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan dan resiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah," lanjutnya

Sementara itu, Kepala KSP Moeldoko menyampaikan sebagai seorang suami, ayah dan kakek bahwa keluarga merupakan sumber kekuatan, memberikan semangat baginya untuk dapat terus berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Keluarga nomor satu bagi saya, pada masa pandemi Covid-19 ini kehangatan, kebersamaan sebuah keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan semangat bagi kita dalam menghadapi situasi persoalan yang terjadi sebagaimana dampak dari pandemi covid 19 ini ya masih berlangsung di tengah-tengah kita," sebutnya.

Maka dari itu kesehatan dan kesejahteraan keluarga menjadi sungguh sangat penting dan salah satu persoalan keluarga yang masih dihadapi adalah mengenai tingginya angka Stunting dan kematian ibu di Indonesia.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin di dalam meningkatkan kualitas keluarga utamanya dalam menurunkan angka Stunting dan kematian ibu Indonesia.

"Tiga upaya yang dilakukan pemerintah dalam menurunkan stanting yakni melalui edukasi kepada masyarakat terkait pola asuh dan pola pangan yang tepat serta penyediaan sanitasi yang baik bagi masyarakat karena ketiganya sangat mempengaruhi kualitas kesehatan anak dan utamanya pada 1000 hari pertama kehidupan," paparnya.

Upaya itu diharapkan terhindar dari stunting. Maka untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang hebat, berkualitas dan generasi emas yang unggul tentunya dimulai dari warga yang tangguh.

"Guna mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kerjasama semua pihak yang baik dari seluruh elemen pertama pemerintah untuk memastikan bahwa setiap anak di Indonesia tumbuh sehat berkembang dengan optimal dalam lingkungan keluarga bahagia dan sejahtera," tegasnya.

Dia mengingatkan jangan lupa kesehatan dan kesejahteraan sebuah keluarga adalah pondasi bagi masa depan Indonesia.

"Saya ucapkan selamat Hari Keluarga Nasional hari kebangkitan keluarga Indonesia, terus semangat dan tetap menjaga protokol kesehatan demi melindungi keluarga bangsa dan negara. Keluarga Indonesia cegah stunting, Anda bisa," pungkasnya. (Fer/OL-09)

Baca Juga

Dok  ICStar Hackathon 2021

Banyak Diminati, Seleksi ICStar Hackathon 202 Makin Ketat

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 30 Juli 2021, 22:49 WIB
Sebanyak lebih dari 500 kandidat dari 100 universitas di Indonesia dan Malaysia berpartisipasi dalam kompetisi ICStar Hackathon 2021 yang...
ANTARA

Kapan Anda Harus Mengganti Furnitur?

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 21:36 WIB
Anda bisa temukan berbagai jenis furniture dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran...
Ist

Menteri LHK Minta Semua Pihak Pantau Titik Panas di Wilayah Rawan Karhutla

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 21:34 WIB
Patroli terpadu dengan melibatkan masyarakat juga perlu diperkuat sebagai suatu sistem pertahanan untuk mengendalikan karhutla sedini...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya