Selasa 22 Juni 2021, 21:40 WIB

Guru Miliki Peran Strategis Tentukan Karakter Bangsa

Mediaindonesia.com | Humaniora
Guru Miliki Peran Strategis Tentukan Karakter Bangsa

DOK Pribadi.
.

 

GURU merupakan tokoh utama yang memiliki peran strategis dalam membangun, meningkatkan, serta membentuk karakter yang kuat terhadap anak didik. Guru juga sangat berperan dalam membangun karakter dan kemajuan suatu bangsa.

Demikian disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR), Herawati Prasetyo dalam diskusi virtual Ngopi (Ngobrolin Pembelajaran & Inspirasi) ke-3 tahun 2021 bertema Merancang Media Pembelajaran IPA dan Matematika Yang Menarik Bareng finalis Lomba inovasi Guru, Selasa (22/6). "Guru sebagai salah satu subsistem dalam sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik menjadi anak Indonesia yang cerdas seutuhnya, baik cerdas spiritual, emosional, sosial, intelektual, maupun kinestetis. Selain itu, guru juga memiliki peran strategis sebagai penggerak perubahan di dunia pendidikan," kata Herawati.

Menurutnya, guru yang memiliki strategi jitu, kreatif, dan inovatif dalam menyajikan materi pada KBM (kegiatan belajar mengajar) akan menjadikan peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pembelajaran yang disajikan. Untuk itu, dia berharap agar guru bisa terus melakukan inovasi-inovasi dalam kegiatan belajar-mengajar.

"Untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas seutuhnya tentu guru diharapkan dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran. Hal inilah yang selalu kami dorong melalui empat pilar pembinaan akademis, karakter, seni budaya dan kecakapan Hidup di 107 sekolah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia," kata dia.

Pada kesempatan ini, YPA-MDR, kata Herawati, mengaku sangat bangga, karena bisa menampilkan guru-guru terbaik binaannya yang merupakan finalis Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) tahun 2021 yang akan membagikan pengalaman tentang suatu keterbatasan mampu menciptakan inovasi berupa media pembelajaran. Pembuatan karya inovasi ini dihasilkan dari pola pembinaan yang selama ini aktif dilakukan oleh YPA-MDR terhadap guru-guru binaan.

Selain itu, lanjut dia, YPA MDR juga selalu mendorong dan memfasilitasi para guru binaannya untuk bisa mengikuti berbagai ajang lomba, seperti Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) yang diselenggarakan oleh PT Astra Internasional Tbk bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan pada 2021 dan diikuti 6.170 karya inovasi dari seluruh guru yang mengikuti lomba tersebut.

"Sebanyak 20 karya inovasi dari guru binaan YPA-MDR berhasil masuk sebagai finalis bahkan enam di antaranya berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan," kata dia.

Kendati guru binaannya sudah menorehkan prestasi yang luar biasa, tetapi YPA-MDR tak mau berpuas diri. Hal yang lebih penting lagi yakni harus sampai pada tingkat berbagi atas karya inovasi yang telah dibuat. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya