Selasa 22 Juni 2021, 21:50 WIB

Kemiskinan bukan Penentu Kesuksesan

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemiskinan bukan Penentu Kesuksesan

MI/Agung Wibowo
Jurnalis senior Andy F Noya menjadi narasumber dalam webinar internal Mowilex di Jakarta, Senin 21/6)

 

KEMISKINAN bukan penghalang dalam mewujudkan cita-cita dan kejujuran menjadi kunci kesuksesan seseorang. Hal itu juga yang dibuktikan jurnalis senior Andy F Noya dan Agus Sasmito, pendiri Mowilex, salah satu perusahaan cat terkenal di Indonesia.

"Kemiskinan tidak bisa menjadi penghalang untuk mewujudkan cita-cita," kata Andy yang diminta menjadi narasumber dalam webinar Mowilex bertajuk Build Your Legacy, di Jakarta, Senin (21/6).

Lahir dari keluarga miskin, Andy berjuang dengan gigih melewati masa sulitnya di Surabaya, Jawa Timur, Papua, hingga akhirnya menetap di Jakarta. Nama Andy mulai dikenal lewat perannya sebagai pembawa acara Kick Andy di Metro TV yang hingga kini memasuki 15 tahun penayangan.

Ia juga memegang peranan penting di beberapa perusahaan tempatnya bekerja. Andy sempat dipercaya menempati posisi sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Indonesia, Pemred Metro TV, dan saat ini menjadi CEO Benihbaik.com.

Diakui Andy, salah satu faktor utama kesuksesannya ialah teguh memegang nilai kejujuran. Ia merujuk pada hasil survei penulis Thomas Stanley yang dipublikasikan dalam buku karyanya yang berjudul Millionaire Mind. Stanley menyurvei 1.000 orang dan 733 orang di antaranya menempatkan kejujuran di peringkat teratas dari 100 faktor kesuksesan seseorang.

Menurut Andy, nilai kejujuran itu juga yang dijadikan pegangan Agus Sasmito hingga akhirnya bisa membesarkan Mowilex. "Kita lihat Bapak Agus Sasmito, beliau mulai dengan berjualan cat hingga memiliki perusahan besar di Indonesia dan meninggalkan sesuatu untuk kita pelajari. Apa itu? Kegigihan mematahkan kemiskinan," tegas Andy.

Selain kejujuran, Agus Sasmito juga disiplin dan ulet berusaha. Hal-hal itu, ungkap Andy, yang seharusnya diikuti seluruh karyawan Mowilex.(H-2)

Baca Juga

Antara

PP Muhammadiyah Imbau Pemerintah jangan Maju Mundur Tangani Pandemi

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:00 WIB
"Sempurna mungkin tidak bisa, tapi ada pilihan yang firm. Itu yang kami harapkan,”...
Dok. Biro Pers Istana Kepresidenan

Dibatasi 20 Menit, Wiku: Sebisa Mungkin Jangan Makan di Tempat

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:50 WIB
PPKM Darurat diberlakukan sejak 3- 20 Juli 2021 selanjutnya pemerintah membuat pengaturan baru yaitu PPKM level 1-4 yang berlaku pada 21-26...
DOK MI

Gandeng IEEE, Ditjen Dikti Perkuat Kapasitas SDM di Bidang Sains dan Teknologi

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:47 WIB
Ditjen Dikti Kemendikbudristek menjalin kerja sama dengan Himpunan Sarjana Teknik Listrik dan Elektronik Seksi Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya