Selasa 22 Juni 2021, 20:00 WIB

Cara Sederhana dan Mudah Meredakan Gusi Bengkak

Indriyani Astuti | Humaniora
Cara Sederhana dan Mudah Meredakan Gusi Bengkak

evansondds.com
Ilustrasi

 

Saat gigi sakit dan mengalami peradangan, kerap kali menyebabkan pembengkakan pada area gusi. Berikut ini, beberapa cara untuk meredakan gusi yang bengkak di rumah yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berkumur air garam hangat
Garam tersedia di setiap dapur rumah. Berkumur larutan air garam hangat, bisa menjadi opsi untuk mengurangi pembengkakan pada gusi. Caranya campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas larutan air hangat. Kemudian, berkumur menggunakan larutan tersebut dan ulangi beberapa kali supaya bengkak pada gusi lekas mereda.

2. Es batu
Mengompres daerah sekitar pipi menggunakan es batu yang dilapisi handuk, bisa menjadi pilihan alami untuk meredakan nyeri atau bengkak pada gusi. Ulangi dengan mengompres beberapa kali sehari sampai sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut.

3. Berkumur dengan obat antiseptik
Chlorhexidine adalah salah obat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan gusi bengkak. Tetapi harus diingat penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Anda bisa menggunakan jenis larutan, untuk berkumur.

4. Membersihkan sela-sela gigi
Anda bisa membersihkan sela-sela antara gigi dan garis gusi dengan benang gigi (flossing) yang bisa dilakukan setelah menggosok gigi.

Cara ini dipercaya efektif membersihkan sisa makanan yang terselip di antara celah gigi yang sulit dijangkau bulu sikat. (OL-12)

 

Baca Juga

MI/PERMANA

Kalau Lo Semua Divaksin, Nanti Slank Tur Lagi

👤Ifa/X-7 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 06:00 WIB
MESKI antusiasme masyarakat akan vaksinasi covid-19 saat ini dinilai cukup besar, ajakan untuk vaksin bagi masyarakat masih harus terus...
Dok.BPPT

Menteri KLHK Antisipasi Puncak karhutla dengan Hujan Buatan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:45 WIB
Upaya TMC di Provinsi Riau, pada fase pertama, 10 Maret sampai 5 April 2021, secara umum meningkatkan curah hujan sekitar 33 hingga 64...
Dok. Kiny Cultura Indonesia

Lestarikan dan Promosikan Budaya Indonesia, Anak Indonesia Raih Sertifikat CID UNESCO

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:40 WIB
Penghargaan diberikan kepada Alif Rajendra Aryaputa Sidik di kategorin Male Yout Folk musician appreciation award dan Kalya Mahiya Pravina...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya