Sabtu 19 Juni 2021, 00:27 WIB

Arsitek Muda Didorong Ciptakan Desain Masjid Dengan Teknologi Terbaru

Widhoroso | Humaniora
Arsitek Muda Didorong Ciptakan Desain Masjid Dengan Teknologi Terbaru

Ist
Seminar virtual 'Arsitektur Masjid: Filosofi dan Desain'

 

KEUNIKAN arsitektur masjid di Indonesia tidak telepas dari filosofi yang melatarbelakangi bangunan yang mewadahi kegiatan umat beribadah dan bersosialisasi dengan budaya setempat. Masjid yang dibangun pada zamannya, menghadirkan sosok arsitektur bangunan sesuai dengan pemahaman desain dan kemampuan teknologi saat itu.

Hal itu mengemuka dalam seminar 'Arsitektur Masjid: Filosofi dan Desain' yang berlangsung secara virtual, Kamis (17/6). Seminar yang digelar atas kerja sama Kenari Djaja dan jurusan Arsitektur Universitas Trisakti.

"Seminar ini bertujuan memberi pemahaman kepada para arsitek muda dan pemerhati bangunan ibadah Islam, agar dapat menciptakan karya desain masjid terbaik sesuai akidah agama dan kemajuan teknologi terbaru," kata Direktur Kenari Djaja, Hendry Sjarifudin. 

Dosen Arsitektur Universitas Muhammadiah Surakarta Dr. Nur Rahmawati Syamsiah, ST, MT yang menjadi salah satu pembicara mengatakan sejumlah persyaratan yang harus dipahami dan dipenuhi dalam mendesain masjid. "Ada hal yang dilarang dalam desain masjid salah satunya menyerupai bangunan non muslim," jelasnya.

Dalam mendesain masjid, ungkap Nur, harus memahami fungsinya selain tempat ibadah yakni sebagai tempat bersujud, tempat mempersatu umat Islam, pendidikan, bersosialisasi. "Sebagai kiblat dalam pembangunan masjid di dunia termasuk Indonesia adalah Masjid Nabawi yang dibangun di Madinah Arab Saudi," jelasnya.

Dalam seminar ini, juga dibahas kilas balik pembangunan Masjid Istiqlal yang disampaikan Ir. Panogu Silaban, putra F Silaban, arsitek yang merancang Masjid Istiqlal, Jakarta. Setelah dilakukan penguatan desain arsitektur, interior dan lansekapnya arsitektur Masjid Istiqlal dapat bertahan sampai sekarang. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Biro Pers Setpres

Jokowi: Kasus Covid-19 di Jawa Turun, Namun Luar Jawa Mulai Naik

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:47 WIB
Menurut Kepala Negara, penurunan kasus covid-19 di wilayah Jawa salah satunya tecermin dari tingkat BOR di RSDC Wisma Atlet, yang saat ini...
AFP/GEOFF CADDICK

1 Dosis Vaksin AstraZeneca 82% Efektif Tangkal Varian Baru Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:47 WIB
"Vaksin ini juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap varian Delta dan Alpha dengan pengurangan rawat inap atau...
Ist

Promosi Pariwisata, Seorang Milenial Gelar Ekspedisi Solo Keliling Danau Toba

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:27 WIB
Agar pariwisata Danau Toba serta adat istiadat dan budaya yang mendukungnya semakin dikenal masyarakat, Marco menggelar ekspedisi solo...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya