Jumat 18 Juni 2021, 09:55 WIB

UI Luncurkan Aplikasi Web Program Magang Kampus Merdeka

Faustinus Nua | Humaniora
 UI Luncurkan Aplikasi Web Program Magang Kampus Merdeka

MI/ Andri Widiyanto
KAMPUS MERDEKA: Mendikbut-Ristek Nadiem Anwar Makarim saat membuka acara peluncuran kebijakan merdeka belajar di Jakarta.

 

FAKULTAS Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) meluncurkan aplikasi web Magang Kampus Merdeka (MKM)  sebagai upaya menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendibud-Ristek.

Aplikasi ini hadir untuk menghubungkan mahasiswa Fasilkom UI dengan perusahaan/ instansi/ lembaga yang memfasilitasi program magang. Mitra yang berasal dari perusahaan/ instansi/ lembaga juga diajak untuk dapat bekerja sama memfasilitasi mahasiswa pada program MKM dengan mendaftarkan diri pada aplikasi web yang telah dapat diakses di https://mkm.cs.ui.ac.id.

Melalui program MKM ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan dalam bidang teknologi informasi melalui praktik atau penerapan langsung di dunia kerja. Program ini dapat dilaksanakan selama enam bulan dengan pengakuan sampai dengan 20 satuan kredit semester (SKS).

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Ari Saptawijaya, menjelaskan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Fasilkom UI tentunya dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa, khususnya melalui experiential learning.

"Melalui pembelajaran seperti ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk melatih kemampuannya dalam mencari solusi dari permasalahan nyata di tempat magang dengan menerapkan kompetensi di bidang ilmu komputer atau sistem informasi yang diperoleh di kampus," ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/6).

Ia melanjutkan, lewat berbagai kegiatan tersebut soft skill mahasiswa akan menjadi lebih terasah. Kegiatan MKM ini dilakukan berbasis kerja sama dan bersifat selektif dalam pengakuan SKS pemagang. Hal itu, katanya untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dalam kegiatan magang ini memang mendukung capaian pembelajaran lulusan dari kedua Prodi Sarjana di Fasilkom.

Selain itu, Fasilkom UI melalui Program Kompetensi Kampus Merdeka (PPKM) tahun ini, mengusung program pengembangan Center of Excellence di bidang kecerdasan artifisial (KA)/artificial intelligence (AI). Bersama dengan para mitra kerja sama, Fasilkom UI bertekad menjadi stakeholder hub untuk pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang kercerdasan artifisial.

Adapun lima program yang dirancang oleh Fasilkom UI untuk menyukseskan program pengembangan tersebut adalah peningkatan kapasitas SDM Indonesia di bidang KA, pengembangan platform KA berbasis cloud untuk memfasilitasi layanan komputasi dan pembelajaran. Kemduian, pemanfaatan sumber daya untuk pengembangan solusi/inovasi berbasis KA, peningkatan reputasi akademik di tingkat Internasional, dan peningkatan kerjasama dengan industri, alumni, instansi pemerintah dan komunitas.

Dalam menjalankan program-program tersebut, pihaknya didukung oleh berbagai mitra dari industri, lembaga pendidikan dan pemerintahan, dan juga alumni, yang berasal dari dalam dan luar negeri.

"Saat ini, pendaftaran mitra dan kegiatannya sedang berjalan. Setelah itu akan ada penilaian kegiatan untuk diketahui kesetaraan sks-nya. Beberapa mitra, baik dari industri maupun perguruan tinggi, sudah memiliki kerja sama dengan kami dalam mendukung program MBKM, antara lain Tokopedia, Solusi 247, dan Universitas Gadjah Mada," tandasnya.(van)

Baca Juga

ANTARA/Mohamad Hamzah

Digitalisasi TV Diminta Dilakukan Secara Hati-hati

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 Juli 2021, 08:38 WIB
Penghentian siaran TV analog akan dilakukan dalam lima tahap. Tahap pertama ditargetkan rampung paling lambat 17 Agustus...
dok.pribadi

Upaya Enyahkan Pandemi Perempuan Bangsa Gaungkan #prayfromhome

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 07:20 WIB
PROGRAM #prayfromhome yang telah dilaksanakan Perempuan Bangsa sejak awal pandemi dengan melakukan kegiatan Mujahadah Tolak Bala setiap...
ANTARA/Mohammad Ayudha

Harus Isolasi Mandiri di Rumah? Ini yang Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan

👤Henry Hokianto 🕔Rabu 28 Juli 2021, 05:25 WIB
Ada 3 syarat untuk bisa melaksanakan isolasi mandiri yaitu tidak bergejala, bergejala ringan, dan memiliki kamar sendiri dengan ventilasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya