Sabtu 12 Juni 2021, 06:30 WIB

Pandemi Buat UMKM Melek Teknologi

Rif/X-3 | Humaniora
Pandemi Buat UMKM Melek Teknologi

MI/PERMANA
(Dari kiri) Co-host Shafi ra Umm, selebritas Melanie Putria, bersama personel Slank yakni Abdee, Ivanka, dan Kaka.

 

DI tengah pandemi covid-19, perekonomian nasional terguncang karena mobilitas warga masyarakat terhambat. Teknologi digital hadir sebagai sebuah jawaban atas kerisauan tersebut.

Demikian benang merah topik bahasan program Vaksin untuk Indonesia di Metro TV tadi malam yang menampilkan grup band Slank. Dengan mengusung tema Usaha maju, kita makmur (UMKM), vokalis Slank Kaka dan kawan-kawan mengundang sejumlah narasumber yang memanfaatkan teknologi digital sebagai platform untuk menggerakkan ekonomi, khususnya di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Jadi, saya selalu bilang UMKM adalah kita, karena sekitar 64 juta atau 99,9% populasi usaha di Indonesia itu UMKM. Mereka menyerap sekitar 130 juta tenaga kerja. Bayangkan," kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari.

Dalam rangka pemulihan ekonomi akibat covid-19, penggunaan teknologi digital juga menjadi salah satu strategi pemerintah. Pelaku UMKM didorong untuk memanfaatkan teknologi digital.

"Nah, di akhir 2019 atau awal 2020 sebelum pandemi, baru ada 11% UMKM yang on boarding di platform digital atau sekitar 8 juta. Artinya, masih banyak yang offline. Pemerintah terus mendorong pelaku UMKM masuk ke ranah digital. Data terakhir sudah sekitar 12,5 juta UMKM masuk digital. Kami optimistis 2024 mencapai 30 juta," imbuh Fiki.

Di sisi lain, CEO Credibook Gabriel Frans mengungkapkan aplikasi pembukuan keuangan Credibook juga hadir untuk membantu UMKM dalam literasi finansial. Gabriel berharap aplikasi itu dapat menunjang pelaku UMKM yang mulai merambah pasar secara digital.

"Jadi, aplikasi yang kami bikin itu membantu memindahkan catatan keuangan yang biasanya manual ke aplikasi. Dengan demikian, nanti general report seperti catatan keuangan atau manajemen keuangan bisa dikontrol," terangnya.

Selama ini, Gabriel memperhatikan bahwa pelaku bisnis kecil dan menengah tidak memiliki keterampilan mengelola keuangan dengan baik. Oleh karena itu, pelaku UMKM memerlukan literasi finansial untuk meningkatkan efisiensi usaha.

Vaksin untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat pukul 20.05 WIB. Dalam program ini, Slank tak hanya menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan warga masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Rif/X-3)

Baca Juga

DOK Kenari Daja

Kenari Djaja Award 2021 Bentuk Dukungan Terhadap Karya Anak Bangsa

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:40 WIB
KOMPETISI desain handle atau gagang pintu yang digelar Kenari Djaja sukses memunculkan desain-desain inovatif dari...
Antara

Menteri PPPA Puji Protes Guru dan Murid Tolak Pernikahan Anak

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Menurutnya, aksi penolakan ini menunjukkan kesadaran bahwa pernikahan anak di bawah umur tidak sepatutnya...
DOK Pribadi.

KLHK dan Le Minerale Inisiasi Standardisasi Bank Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:17 WIB
Bank Sampah Bersinar mendapatkan penghargaan sebagai Bank Sampah Terbaik se-Indonesia pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bank Sampah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya