Jumat 11 Juni 2021, 23:10 WIB

Sinar Mas Land Latih 150 Tenaga Pendidik agar Kreatif dan Inovatif

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sinar Mas Land Latih 150 Tenaga Pendidik agar Kreatif dan Inovatif

DOK Pribadi.
Pembukaan workshop bagi para pendidik.

 

MASA depan bangsa bergantung kepada kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi salah satu penentu bagi generasi bangsa yang unggul. Dalam membentuk para siswa yang berkualitas dan unggul dibutuhkan peran pengawas, kepala sekolah, dan guru dalam memberdayakan lingkungan sekolah. Berbeda dengan saat sebelumnya, pada masa pandemi memerlukan kreativitas dan inovasi tersendiri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru. Pemberdayaan lingkungan sekolah yang baik bakal mendukung kegiatan belajar-mengajar.

Turut memberikan dukungan hal itu, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan workshop atau pelatihan bagi para pendidik. Pelatihan ini termasuk dalam rangkaian Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-7 yang mengusung tema Mewujudkan lingkungan sekolah yang berkualitas melalui kreativitas yang inovatif dalam merdeka belajar sebagai apresiasi Hari Pendidikan Nasional 2021.

Workshop yang bertemakan Menjadi agen perubahan pendidikan bangsa yang kreatif dan inovatif dalam memberdayakan lingkungan sekolah itu akan diselenggarakan dalam tiga batch, yaitu 10-11 Juni, 17-18 Juni, dan 24-25 Juni. Acara akan berlangsung mengikuti protokol kesehatan covid-19 dengan 150 peserta yaitu pengawas, kepala sekolah, dan guru dari Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Ada dua narasumber yang akan membawakan materi pada workshop pendidikan tersebut. Keduanya pakar pengembangan SDM dan pendidikan yaitu Psikolog Dra. Endang Retno Wardhani MBA, Ph.D, CHt, dan Drs. Rujiyanto, MSn. Pada saat membuka workshop, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land khususnya PT BSD yang telah membuat berbagai kegiatan dan program CSR untuk pemberdayaan masyarakat, baik di bidang lingkungan, pendidikan, maupun ekonomi. "Semoga Program Sekolah Berhati dapat membantu sekolah-sekolah dalam mempersiapkan lingkungan yang baik, berkarakter hijau, sehat, dan inovatif, tentu dengan landasan Pancasila."

Workshop itu termasuk pula dalam program Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan Inovatif). Ini merupakan bagian dari program Bina Sekolah yang menjadi bentuk kolaborasi dan sinergi antara CSR Sinar Mas Land Bidang Pendidikan dengan para pendidik Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta Tim Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT). Program Sekolah Berhati dinisiasi oleh CSR BSD Sinar Mas Land bertujuan membantu sekolah dan madrasah di pinggiran perkotaan yang mengalami keterbatasan fisik lingkungan sekolah. Dengan demikian, sekolah dan madrasah dapat siap melakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi maupun kenormalan baru.

 

"Program itu sejak awal 2021 tengah dikembangkan di dua kecamatan yang menjadi area piloting yaitu Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Melalui program tersebut, CSR BSD memberikan bantuan dalam bentuk edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung proses pembelajaran ekstrakurikuler yang produktif di masa pandemi maupun sesudahnya,” tutur Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP. Bantuan itu diberikan melalui pemberdayaan sanitasi bersih, pemanfaatan pekarangan menjadi taman sekolah, UKS, serta penyelenggaraan kantin sehat. (RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Ini Langkah Mitigasi dari Satgas Covid Jika Ditemukan Kasus Positif pada PTM

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 15:40 WIB
Penghentian sementara PTM sekurang-kurangnya 2 minggu pada satuan pendidikan atau...
AFP/Julien De Rosa.

Penyakit Resistensi Antimikroba Buat 1,27 Juta Orang Meninggal pada 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 15:30 WIB
Sebagai perbandingan, angka 1,27 juta orang lebih tinggi dari jumlah yang meninggal karena HIV/AIDS atau malaria tahun lalu. Ini menjadikan...
Medcom.id - M Rizal (Rhobi Shani)

Terkait Pengasuhan Anak, Pasangan Cerai Harus Redam Ego

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 26 Januari 2022, 15:00 WIB
Ego yang tidak terkendali di kedua pihak setelah bercerai sering kali menjadi pangkal permasalahan yang dapat memicu trauma pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya