Jumat 11 Juni 2021, 23:10 WIB

Sinar Mas Land Latih 150 Tenaga Pendidik agar Kreatif dan Inovatif

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sinar Mas Land Latih 150 Tenaga Pendidik agar Kreatif dan Inovatif

DOK Pribadi.
Pembukaan workshop bagi para pendidik.

 

MASA depan bangsa bergantung kepada kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi salah satu penentu bagi generasi bangsa yang unggul. Dalam membentuk para siswa yang berkualitas dan unggul dibutuhkan peran pengawas, kepala sekolah, dan guru dalam memberdayakan lingkungan sekolah. Berbeda dengan saat sebelumnya, pada masa pandemi memerlukan kreativitas dan inovasi tersendiri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru. Pemberdayaan lingkungan sekolah yang baik bakal mendukung kegiatan belajar-mengajar.

Turut memberikan dukungan hal itu, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan workshop atau pelatihan bagi para pendidik. Pelatihan ini termasuk dalam rangkaian Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-7 yang mengusung tema Mewujudkan lingkungan sekolah yang berkualitas melalui kreativitas yang inovatif dalam merdeka belajar sebagai apresiasi Hari Pendidikan Nasional 2021.

Workshop yang bertemakan Menjadi agen perubahan pendidikan bangsa yang kreatif dan inovatif dalam memberdayakan lingkungan sekolah itu akan diselenggarakan dalam tiga batch, yaitu 10-11 Juni, 17-18 Juni, dan 24-25 Juni. Acara akan berlangsung mengikuti protokol kesehatan covid-19 dengan 150 peserta yaitu pengawas, kepala sekolah, dan guru dari Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Ada dua narasumber yang akan membawakan materi pada workshop pendidikan tersebut. Keduanya pakar pengembangan SDM dan pendidikan yaitu Psikolog Dra. Endang Retno Wardhani MBA, Ph.D, CHt, dan Drs. Rujiyanto, MSn. Pada saat membuka workshop, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land khususnya PT BSD yang telah membuat berbagai kegiatan dan program CSR untuk pemberdayaan masyarakat, baik di bidang lingkungan, pendidikan, maupun ekonomi. "Semoga Program Sekolah Berhati dapat membantu sekolah-sekolah dalam mempersiapkan lingkungan yang baik, berkarakter hijau, sehat, dan inovatif, tentu dengan landasan Pancasila."

Workshop itu termasuk pula dalam program Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan Inovatif). Ini merupakan bagian dari program Bina Sekolah yang menjadi bentuk kolaborasi dan sinergi antara CSR Sinar Mas Land Bidang Pendidikan dengan para pendidik Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta Tim Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT). Program Sekolah Berhati dinisiasi oleh CSR BSD Sinar Mas Land bertujuan membantu sekolah dan madrasah di pinggiran perkotaan yang mengalami keterbatasan fisik lingkungan sekolah. Dengan demikian, sekolah dan madrasah dapat siap melakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi maupun kenormalan baru.

 

"Program itu sejak awal 2021 tengah dikembangkan di dua kecamatan yang menjadi area piloting yaitu Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Melalui program tersebut, CSR BSD memberikan bantuan dalam bentuk edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung proses pembelajaran ekstrakurikuler yang produktif di masa pandemi maupun sesudahnya,” tutur Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP. Bantuan itu diberikan melalui pemberdayaan sanitasi bersih, pemanfaatan pekarangan menjadi taman sekolah, UKS, serta penyelenggaraan kantin sehat. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/FB Anggoro

BNPB Dorong Pemda Siapkan Dokumen Kajian Risiko Bencana

👤Humaniora 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 12:25 WIB
Contohnya, Kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku dengan jenis bencana yang bisa terjadi setiap saat yakni banjir, tanah longsor,...
Shutterstock

Ini Inspirasi Memilih Warna Cat Tembok Sesuai Dengan Rekomendasi Interior Tema Rumah

👤Febby Saraswati 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 12:00 WIB
Memilih warna cat tembok yang pas dengan tema apa yang kita inginkan akan membuat kita terasa lebih nyaman dan betah saat berada...
Dok KLHK

Program Kampung Iklim Berkontribusi Besar Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 11:54 WIB
Hasil penghitungan pengurangan emisi gas rumah kaca di 312 lokasi proklim yang diverifikasi pada 2021 ini dengan menggunakan aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya