Rabu 09 Juni 2021, 20:09 WIB

USU Pertama Kali Masuk Peringkat Kampus Top Dunia

Mediaindonesia.com | Humaniora
USU Pertama Kali Masuk Peringkat Kampus Top Dunia

DOK Pribadi.
Kampus USU.

 

UNIVERSITAS Sumatra Utara (USU) untuk pertama kali masuk pemeringkatan kampus top dunia. Capaian ini penting di tengah gencarnya program Rektor USU Dr Muryanto Amin yang ingin USU menjadi world class university.

Sebagaimana dirilis lembaga pemeringkatan universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings (QS-WUR) 2022, USU berada di peringkat 1.201+ dunia dengan QS Stars 3. Muryanto Amin mengatakan masuknya USU ke pemeringkatan kampus top dunia merupakan langkah awal yang positif.

"Tahun depan kami akan perbaiki nilainya dan mudah-mudahan bisa meningkat lagi peringkatnya," ujar Mury. QS Ranking menerapkan beberapa indikator yang harus dicapai oleh lembaga perguruan tinggi. "QS Ranking adalah indikator terukur yang ditetapkan di Renstra USU Periode ke-2 dan termasuk target yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek," katanya.

Rektor menegaskan para pimpinan dan peneliti di lingkungan USU perlu mengetahui metodologi pemeringkatan QS Ranking dan capaian yang telah diraih. "Jadi diperoleh rekomendasi yang sebaiknya dilakukan oleh USU untuk mempercepat langkah menuju world class university," ujarnya.

 

Sebagai informasi, QS-WUR pada tahun ini telah merilis 1.000 universitas terbaik dari seluruh dunia mencakup 80 lokasi berbeda. Melansir laman topuniversites.com, Massachusetts Institutes for Technology (MIT) melanjutkan dominasinya dengan menjadi kampus nomor satu peringkat dunia selama sembilan tahun berturut-turut. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Noviran Arbi

Hingga 15 Juni, Ada 1.423 Bencana Alam Terjadi di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 03:40 WIB
Berdasarkan keterangan dari BNPB, kejadian bencana alam yang mendominasi adalah banjir, diikuti puting beliung, tanah longsor, serta...
Dok. LaSalle College Jakarta

Asah Kreativitas Mahasiswa, LaSalle College Hadirkan Sistem Kuliah Hy-Flex

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 01:07 WIB
Saat ini kreativitas dalam desain merupakan kunci sebagai aset dan investasi, baik jika dilihat dari sebuah keterampilan serta keahlian...
Dok. Pribadi

Butuh Ketegasan Pemerintah dalam Pengendalian Covid-19

👤Cashya Mulyana 🕔Rabu 16 Juni 2021, 00:10 WIB
"Karena gejala kejenuhan masyarakat atas pandemi covid-19 terjadi secara meluas. Begitu juga dengan sebagian pemerintah daerah yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya