Kamis 03 Juni 2021, 16:30 WIB

Bantu Siswa SMK Belajar Bahasa Prancis

Mediaindonesia.com | Humaniora
Bantu Siswa SMK  Belajar Bahasa Prancis

Dok.Erlangga
Acara peluncurkan buku pengantar Bahasa Prancis bagi SMK/MAK “S'il Vous Plaît”.

 

DI jaman globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing menjadi sebuah kebutuhan. Sebab kita bukan saja akan bersaing dengan sesama anak bangsa, melainkan juga dengan warga negara asing dalam mencari kerja.

Itu sebabnya, pemerintah terus mendorong agar masyarakat belajar bahasa asing. Untuk membantu dan memotivasi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam belajar bahasa Prancis Penerbit Erlangga meluncurkan Buku Pengantar Bahasa Prancis bagi SMK/MAK “S'il Vous Plaît” dalam belajar bahasa Prancis. Buku tersebut ditulis oleh Ria Ismayani, Coline Carretier, dan Ersy Veronita.

Baca juga: Ikapi: Pemerintah Harus Turun Tangan Atasi Pembajakan Buku

Menurut manajer Marketing Penerbit Erlangga, Irving William P.W, selain untuk mata pelajaran Muatan Nasional jenjang SMK/MAK, buku ini cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar komunikasi sehari-hari dan komunikasi dasar di dunia kerja.

Peluncuran “S'il Vous Plaît” dilaksanakan pada Kamis, (3/6), pukul 15.00-16.00 WIB. Acara disiarkan langsung melalui kanal Youtube Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan di kanal Youtube Erlangga Inspirasi Channel.

"S'il Vous Plaît dirancang oleh tiga guru bahasa Prancis berpengalaman, disusun sesuai kurikulum 2013 Revisi 2018 yang memungkinkan pengguna mencapai level A1, juga untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian internasional bahasa Prancis, DELF A1 tingkat sekolah menengah. Selain itu, buku ini disusun secara integrasi dan mencakup empat kecakapan berbahasa yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara," ujarnya.

Disebutkan, muatan “S'il Vous Plaît” lebih interaktif. Di dalamnya terdapat audio yang dapat diakses dengan QR code dan dialog serta unsur-unsur kebahasaan yang diperlukan dalam konteks dunia kerja. Terdapat tiga tema utama dalam buku ini, yaitu wisata, kuliner, dan mode.

Buku ajar ini dibagi menjadi 7 bab, berisi semua kegiatan pembelajaran bahasa: kosakata, konjugasi kata kerja, tata bahasa, pelafalan, dan budaya masyarakat Prancis terkini. Ada juga berbagai latihan di setiap bab yang memungkinkan pengguna untuk berlatih secara mandiri, menghafal, dan mempraktikkannya.

“Buku ini sangat terjamin mutunya karena sudah mendapat rekomendasi penggunaannya bagi guru dan siswa-siswi SMK/MAK dari Institut Prancis Indonesia. Tentu saja, harapan kami dengan adanya 'S'il Vous Plaît', kualitas bahasa Prancis guru dan peserta didik SMK/MAK semakin bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Ria Ismayani mengungkapkan, ketertarikannya menyusun "S'il Vous Plaît" karena melihat belum tersedianya buku ajar bahasa Prancis untuk tingkat SMK/MAK.

“Ketika saya mengikuti beberapa seminar nasional, saya melihat guru-guru juga kesulitan menemukan bahan ajar yang sesuai dengan level SMA/SMK. Saya sendiri pun mengalami kesulitan itu, ketika saya sempat mengajar di salah satu SMK negeri di Jakarta, akhirnya saya coba susun,” ujarnya.

Ria berharap buku ini dapat membantu para guru untuk mengajar bahasa Prancis di tingkat sekolah menengah dan dapat memotivasi siswanya agar bisa melihat dunia lebih luas, dengan mempelajari bahasa asing.

“Bisa jadi ini adalah jalan mimpi anak-anak kita. Seperti saya, saya menemukan mimpi saya ketika saya mempelajari bahasa Prancis pertama kali di SMA, dan itu  membawa saya sampai di posisi saat ini,” pungkasnya. (RO/A-1)

 

Baca Juga

The AUP Indonesian Chorale

The AUP Indonesian Chorale Serahkan Bantuan 25 Kursi Roda Adaptif

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 18:25 WIB
 The AUP Indonesian Chorale menyerahkan bantuan berupa 25 kursi roda adaptif bagi penyandang disabilitas di DKI Jakarta, Minggu...
AFP

BMKG: Fenomena Cuaca Gelombang Panas tak Terjadi di Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 18:15 WIB
gelombang panas atau dikenal dengan "Heatwave" merupakan fenomena cuaca dimana suhu udara panas terjadi lebih tinggi 5...
Antara

Kota Pariaman Diamuk Angin Puting Beliung, BNPB Ingatkan Kewaspadaan Bencana

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 18:05 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman mendistribusikan bantuan logistik kepada masyarakat terdampak angin puting...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya