Sabtu 29 Mei 2021, 06:00 WIB

Serial Musikal Nurbaya Temukan Tiga Karakter Utama

Retno Hemawati | Humaniora
Serial Musikal Nurbaya Temukan Tiga Karakter Utama

Dok : Indonesia Kaya
Sesi latihan serial Musikal Nurbaya.

 

Setelah melalui serangkaian proses pencarian para seniman-seniman muda berbakat Indonesia yang dimulai sejak Desember 2020 yang lalu, program online Mencari Siti akhirnya menemukan para pemeran terpilih untuk setiap karakter dalam produksi Nurbaya persembahan www.indonesiakaya.com.

Ketiga karakter utama ini terpilih dari peserta audisi tahap kedua yang telah mengikuti proses audisi atau casting secara offline. Para peserta yang berasal dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram ini menyanyikan lagu serta membacakan dua monolog yang sudah ditentukan ke hadapan para juri secara langsung maupun virtual dengan mengirimkan video berupa monolog dan lagu yang telah dipilih oleh tim Indonesia Kaya.

Serial musikal Nurbaya ini akan dibuat dalam kemasan baru tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang. Produksi terbaru ini diproduseri oleh Indonesia Kaya bersama Garin Nugroho, dan akan disutradarai oleh Venytha Yoshiantini (TEMAN) selaku sutradara musikal/teater dan Naya Anindita selaku sutradara film. Selain itu, pelatihan vokal dari Gabriel Harvianto dan Andrea Miranda juga semakin mewarnai komposisi musik yang sudah dibuat oleh Ivan Tangkulung.

Berbeda dengan produksi lainnya, serial musikal Nurbaya ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktob A M yang terpilih melalui workshop Mencari Penulis dan mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun yang lalu.

Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini akan diperankan oleh Arawinda Kirana. Ia adalah seorang aktris muda yang telah memenangkan nominasi Aktris Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya 2020. Perempuan yang aktif berkain ini juga pernah mempelajari penulisan skenario (screenwriting) lewat Summer Course di New York Film Academy.

“Ini adalah produksi yang paling berkesan dalam hidup saya sejauh ini dan saya sangat berterima kasih karena memberikan kepercayaan kepada saya dan kesempatan untuk berkontribusi kepada karya yang sangat berarti ini. Setelah melalui proses berbulan-bulan untuk melatih skill mulai dari vocal coaching, dance training, dan lain-lain sampai akhirnya menuju ke karantina dan filming semuanya memberikan pengalaman yang tidak ternilai. Saya sudah tidak sabar untuk memperkenalkannya Siti Nurbaya terbaru ini kepada dunia,” ujar Arawinda.

Samsul Bahri yang merupakan kekasih Nurbaya yang terpisah karena takdir berkata lain ini akan diperankan oleh Bukie Mansyur. Ia adalah seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minatnya pada dunia teater melalui komunitas teater musikal di kampusnya. Serial musikal Nurbaya ini merupakan pengalaman pertamanya dalam teater musikal profesional.

Sedangkan tokoh antagonis Tuan Meringgih ini akan diperankan dengan apik oleh Bima Zeno Pooroe. Ia telah aktif berkiprah di dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi dan pemain teater musikal sejak tahun 2010 lalu.

“Proses menentukan tiga karakter utama dalam serial musikal yang diadaptasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli ini bukan hal yang mudah karena kemampuan yang ditunjukkan oleh para peserta audisi ini sungguh luar biasa. Namun setelah melalui serangkaian audisi lanjutan dan workshop memperdalam materi-materi pertunjukan seperti lagu dan naskah juga latihan fisik, akhirnya terpilih tiga karakter utama ini yang mampu menampilkan karakter terbaiknya dalam produksi ini. Semoga serial musikal ini memberikan warna baru bagi dunia seni pertunjukan di Indonesia dan menginspirasi generasi muda lainnya,” Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Program yang bekerja sama dengan Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) ini telah melalui latihan vokal, koreografi dan akting yang mendetail dan intensif untuk menampilkan serial musikal yang diadaptasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.

Serial musikal Nurbaya ini akan segera diproduksi dan ditayangkan pada pertengahan tahun ini. Seluruh personel yang terlibat dalam latihan dan proses pengambilan gambar program ini telah dinyatakan negatif dalam tes swab antigen berkala sebelum memulai kegiatan. Selain itu, juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti tetap menggunakan masker selama proses berlangsung, menjaga jarak juga membagi jumlah peserta yang hadir dalam satu waktu. (RO/OL-12)

 

Baca Juga

AFP/Juni Kriswanto

Ini Penyakit yang Bisa Dipicu oleh Letusan Gunung Berapi dan Cara Mencegahnya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:30 WIB
"Perlu diwaspadai perburukan dari penyakit kronik baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun karena stres atau lalai makan...
Dok. ITB

Keutamaan Penerapan LSWI sebagai Metode EOR

👤MI 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:10 WIB
BERDASARKAN laporan dari British Petroleum 2015, implementasi LSWI memerlukan biaya yang relatif...
Dok.  ITB

Smart-Water EOR Cara Cerdas Dongkrak Industri Migas

👤Asep Kurnia Permadi Kelompok Keilmuan Teknik Reservoir ITB 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:00 WIB
INJEKSI smart-water merupakan salah satu teknik perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery/EOR) yang semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya