Jumat 28 Mei 2021, 12:53 WIB

Balai Ternak Baznas Siak Studi Banding Integrasi Sapi dan Sawit

mediaindonesia.com | Humaniora
Balai Ternak Baznas Siak Studi Banding Integrasi Sapi dan Sawit

Ist/Baznas
Balai Ternak Baznas mengembangkan program penggemukan dan pembiakan ternak sapi dan kambing.

 

BALAI Ternak Baznas Siak merupakan titik pemberdayaan peternak mustahik yang terletak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau dengan mengembangkan program penggemukan dan pembiakan ternak sapi dan kambing.

Dalam mendukung program tersebut, Baznas mendampingi peternak mustahik dalam melakukan pemeliharaan dan manajemen pakan sebagai asupan nutrisi ternak nantinya.

Salah satu manajemen pakan yang akan diterapkan di Balai Ternak Baznas Siak adalah pemanfaatan integrasi perkebunan sawit dengan peternakan sapi bali yang akan dijalankan di Desa Empang Baru, Kecamatan Lubuk Dalam, Provinsi Riau. 

Dalam persiapan untuk penerapan integrasi ini, Pendamping Program Balai Ternak Baznas Siak lakukan studi banding ke Mustain, salah satu peternak di Desa Dayun yang telah mengembangkan integrasi perkebunan sawit dan sapi.

Mustain menyampaikan integrasi perkebunan sawit dengan peternakan yang telah ia terapkan yaitu dengan pengolahan pakan dari limbah bungkil inti sawit kering, pelepah, dan daun. Nutrisi dari limbah bungkil inti sawit ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebesar 16.3 persen dengan komposisi bahan kering (BK) sebesar 91.8 persen. Dengan pemanfaatan limbah ini menjadikan perkebunan sawit dan peternakan sapi lebih efisien secara ekonomi dan lingkungan.

Selain itu lahan sawit yang luas juga memungkinkan ternak sapi digembalakan setiap harinya sehingga ternak sapi bisa lebih aktif bergerak.

Integrasi perkebunan sawit dan peternakan sapi bali ini akan diterapkan di Balai Ternak Baznas Siak karena perkebunan sawit masih menjadi komoditas perkebunan unggulan dan terbesar di Kabupaten Siak, Riau. 

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinsi Riau hingga 2018, di Provinsi Riau terdapat 2.489.957 hektare perkebunan kelapa sawit dan terluas terdapat di Kabupaten Siak sebesar 232.280 hektare. Potensi perkebunan sawit yang besar inilah yang akan menjadi sumber pakan alternatif untuk menunjang pemeliharaan sapi.

Diharapkan dengan pendampingan yang dilakukan Baznas dalam pengembangan integrasi perkebunan sawit dan peternakan sapi ini dapat meningkatkan pendapatan mustahik dan sapi yang dipelihara memiliki bobot dan kualitas terbaik. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Gandeng Perusahaan Teknologi pada Digital Hub Goes to Campus

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 00:28 WIB
Selain pembangunan secara fisik, Sinar Mas Land mendukung pertumbuhan komunitas dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem Digital...
Dok. Zipmex

Kolaborasi Zipmex-FOI Bantu Ketahanan Pangan Warga Terdampak Covid-19

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 02 Agustus 2021, 23:32 WIB
Zipmex Indonesia melalui program #ZipmexPeduli berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia melakukan revitalisasi dapur umum bagi masyarakat...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Pemerintah Waspadai Kasus Kematian

👤 M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:18 WIB
Penerapan PPKM level IV di sejumlah wilayah di Pulau Jawa-Bali, kata Luhut, didasari pada tingginya tingkat kematian pasien...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya