Kamis 13 Mei 2021, 12:05 WIB

Hindari Kerumunan, Masjid Cut Meutia Bagikan Zakat Sebelum Lebaran

Humaniora | Humaniora
Hindari Kerumunan, Masjid Cut Meutia Bagikan Zakat Sebelum Lebaran

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Petugas penyaluran zakat fitrah menyiapkan beras zakat fitrah untuk disalurkan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (12/5/2021).

 

Masjid Cut Meutia di Menteng, Jakarta telah membagikan zakat sehari sebelum Idul Fitri 1442 Hijriah untuk menghindari kerumunan dan menaati imbauan dari pemerintah terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri saat pandemi covid-19.

"Sudah dibagikan Rabu (12/5) sebanyak 820 kantong, isinya beras ke beberapa RW dan ke empat panti asuhan dan anak asuh," kata Ketua Harian Masjid Cut Meutia, Koko, di Jakarta, Kamis (13/5).

Ia mengatakan pembagian zakat tersebut dilakukan sehari sebelumnya dengan tujuan untuk menghindari kerumunan orang demi mencegah potensi penularan covid-19.

Baca juga: Kapolri Minta Masyarakat Bersilaturahmi Secara Virtual

Pembagian dilakukan dengan cara para ketua RT/RW dan panti asuhan datang ke Masjid Cut Meutia untuk mengambil kantong-kantong zakat tersebut. Mereka pula lah yang memiliki kewajiban membagikan zakat tersebut kepada yang membutuhkan.

Total zakat yang dibagikan saat Idul Fitri oleh Masjid Cut Meutia adalah sekitar 2,5 ton beras, jumlah yang lebih sedikit jika dibandingkan sebelum pandemi yaitu sekitar 8 ton beras.

Selain pembagian zakat tidak dilakukan secara langsung, Masjid Cut Meutia juga melaksanakan salat Idul Fitri sesuai dengan ketentuan yaitu mengurangi kapasitas lebih dari setengah, mewajibkan jemaah memakai masker dan menjaga jarak saat melakukan ibadah.

Menurut Koko, pelaksanaan ibadah hari ini juga berjalan baik dengan jemaah menaati protokol kesehatan. Bagi yang lupa memakai masker, pihak masjid langsung memberikan masker yang diwajibkan dipakai selama salat.

Hal itu yang sama dikatakan juga oleh Muhammad Soleh, salah seorang jamaah yang masih berada di masjid usai salat.

Ia menambahkan jamaah yang datang ke Masjid Cut Meutia untuk melakukan salat Idul Fitri langsung membubarkan diri usai ibadah dan tidak terjadi kerumunan karena telah ditingkatkan oleh pengurus masjid dan Satpol PP yang bertugas. (Ant/H-3)

Baca Juga

MI/Dok Kristana Parinters Makur

Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di Kalimantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:30 WIB
Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di...
MI/Ist

Gobel Minta Ada Kesamaan Standar Halal Internasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:07 WIB
"Harus diakui, saat ini, masih ada perbedaan-perbedaan di antara negara-negara atau lembaga-lembaga pemberi sertifikat halal tentang...
Dok. Pdomoro University

Prodi Kewirausahaan Podomoro University Raih Apresiasi dari LLDIKTI Wilayah III 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 November 2021, 22:46 WIB
Pada 2021, Entrepreneurship Program Podomoro University telah meraih berbagai prestasi nasional dalam kompetisi yang diselenggarakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya