Selasa 04 Mei 2021, 22:52 WIB

Geliat Bisnis Cokelat Jelang Idul Fitri

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Geliat Bisnis Cokelat Jelang Idul Fitri

Ist
Kue berbahan dasar cokelat

 

JELANG Idul Fitri, bisnis makanan untuk hantaran mengalami peningkatan. Tidak terkecuali makanan yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasar.

"Minat konsumen terhadap makanan atau minuman berbahan dasar cokelat sangat tinggi. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sehingga mereka memilih cokelat sebagai usaha yang cukup menguntungkan," papar Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana (GMK) Sri Utami, selaku produsen cokelat Colatta, dalam keterangan resminya, Selasa (4/5).

Menurutnya, meski produk cokelat impor banyak beredar di pasaran, hal itu tidak menghalangi inovasi perusahaan merebut hati penikmat cokelat. Berbagai kreasi unik baik dari segi kemasan yang eye catchy, bentuk cokelat yang beragam, hingga rasa cokelat yang berpadu dengan bahan unik lainnya terus dikreasikan oleh para pelaku usaha UMKM.

Terlepas dari kreasi unik dan inovatif UMKM dalam menjalankan usaha agar sukses dan laris di pasaran tentu ada beberapa hal penting yang harus menjadi prioritas, salah satunya pemilihan bahan baku. Bahan baku yang berkualitas akan menjadi fondasi utama dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan.

"Bahan baku cokelat yang umum digunakan adalah cokelat compound. Cokelat compound merupakan cokelat yang banyak diminati dan digunakan di pasar Indonesia. Karena suhu di Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis, cokelat jenis ini lebih tahan dalam suhu ruang dan mudah digunakan. Untuk biaya produksi kue berbasis cokelat compound sangat terjangkau," ungkap Sri Utami.
 
Menurutnya, varian cokelat yang paling fleksibel untuk dikreasikan adalah chocolate dark, salah satunya dari Colatta Dark Compound yang memiliki kualitas unggul. Produk ini memiliki rasa cokelat yang cukup kuat dan tidak butuh penanganan khusus untuk menggunakannya.

Salah satu UMKM yang memakai cokelat produksi PT Gandum Mas Kencana adalah Tinar Bakery. UMKM yang dimiliki oleh Tin Artini ini telah memulai usahanya sejak 2012.

"Konsisten memilih cokelat yang berkualitas menentukan mutu dari produk jual Tinar Bakery. Salah satunya Colatta Dark Compound yang sangat enak dibuat chocolate ganache. Warnanya mengkilap, kombinasi rasa bittersweet yang pas, dan saat diparut hasilnya baik serta tidak mudah hancur," tambah Tini. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

ILUNI UI Minta Status Tersangka Peserta Demo Hardiknas Dicabut

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 23:55 WIB
“Adik-adik mahasiswa dan para buruh sudah mengadakan aksi secara damai dan sesuai prokes, namun tetap ditangkap dan dijadikan...
MI/M. Irfan

Nadiem Bertekad Segera Hapus 3 Dosa Besar Pendidikan 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 23:45 WIB
"Kreatifitas, nalar kritis dan inovasi hanya dapat berkembang jika peserta didik dan pendidik seluruhnya merdeka dalam belajar, tidak...
Antara/Ari Bowo sucipto

Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 23:40 WIB
Buah naga memiliki banyak manfaat kesehatan yang potensial. Buah ini kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolat, dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya