Selasa 04 Mei 2021, 11:45 WIB

ITB Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Zubaedah Hanum | Humaniora
 ITB Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

ITB
Ilustrasi

 

JALUR penerimaan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ini memberikan keringanan pada mahasiswa kurang mampu, berupa pembebasan dari biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Jaka Sembiring mengatakan, pembebasan biaya pendaftaran diberikan bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K.

"Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu,” katanya dilansir dari laman ITB, Selasa (4/5).

Biaya pendaftaran jalur Seleksi Mandiri ditetapkan sebesar Rp200 ribu untuk seluruh prodi selain prodi di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dan Rp300 ribu untuk FSRD.

Selain biaya pendaftaran, Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi. “Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” tegasnya.

Jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Namun demikian pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi. “Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” lanjut Jaka.

Seluruh prodi
Jaka menyampaikan, pada jalur Seleksi Mandiri ITB tahun ini, calon mahasiswa akan memilih langsung program studi yang diinginkan. Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon.

Seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6. “Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” katanya.

Adapun pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri dimulai pada Senin (3/5/2021) dan akan berakhir pada 10 Juni 2021 mendatang. (H-2)

Baca Juga

Dok Pribadi

Saleh Husin Berbagi Pengalaman Nongkrong di Emperan Kantor

👤Mediaindinesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:31 WIB
Peristiwa yang terjadi pada 6 Desember 2014 itu akibat helikopter yang ditumpanginya terpaksa harus melakukan pendaratan...
Dok. PCINU Inggris Raya

Nahdliyyin Inggris Salurkan Zakat untuk Penyandang Disabilitas

👤Humaniora 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:17 WIB
PCINU United Kingdom bersama NUCare Lazisnu Inggris Raya menyalurkan zakat dan bantuan untuk warga penyandang difabel serta panti...
MI/ Insi Nantika Jelita

Arsjad Apresiasi Perjuangan Perawat Hadang Laju Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:09 WIB
Hal itu disampaikan Arsjad dalam momentum Hari Perawat Sedunia yang diperingati setiap 12...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya