Jumat 30 April 2021, 12:56 WIB

Mustahik Binaan Baznas Uji Coba Mesin Penggiling Kerupuk di Sulsel

mediaindonesia.com | Humaniora
Mustahik Binaan Baznas Uji Coba Mesin Penggiling Kerupuk di Sulsel

Ist/Baznas
Lembaga ZCD Baznas memberi Kelompok Nuruh Hidayah alat mesin penggiling kerupuk elektrik di Enrekang, Sulawesi Selatan.

 

PROGRAM ZCD Baznas di Desa Cendana, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), terus mendorong dalam memajukan kegiatan kelompok mustahiknya, yaitu kelompok sapi perah dan kelompok pengolahan produk turunan susu sapi.

Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah pengadaan sarana produksi yang mumpuni untuk memproduksi olahan dalam jumlah banyak. Melihat kondisi tersebut, maka Lembaga ZCD Baznas berupaya memfasilitasi kelompok binaannya.

Salah satu rumusan dalam rencana anggaran belanja tahun anggaran 2019-2020 adalah pengadaan mesin produksi berupa mesin giling elektrik yang memudahkan dan meningkatkan kapasitas produksi bagi Kelompok Nuruh Hidayah. Dalam pengadaan mesin tersebut, Baznas menggelontorkan dana sebesar  Rp2.200.000.

Sabtu (24/4), dari penggunaan mesin tersebut, kelompok berhasil melakukan penghematan waktu produksi. Kapasitas produksi juga cukup membuahkan hasil dengan penambahan jumlah produk yang besar.

Dengan adanya uji coba ini kelompok menjadi lebih percaya diri dalam memenuhi permintaan konsumen menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh anggota kelompok mustahik sebanyak delapan orang yang terdiri dari anggota kelompok Nurul Hidayah. Selanjutnya kelompok tetap melakukan produksi disesuaikan dengan pesanan yang meningkat menjelang lebaran. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Harus Isolasi Mandiri di Rumah? Ini yang Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan

👤Henry Hokianto 🕔Rabu 28 Juli 2021, 05:25 WIB
Ada 3 syarat untuk bisa melaksanakan isolasi mandiri yaitu tidak bergejala, bergejala ringan, dan memiliki kamar sendiri dengan ventilasi...
Ant/Fikri Yusuf

Mengapa Langit Berwarna Biru, Tidak Kuning, Hijau atau Coklat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 28 Juli 2021, 02:00 WIB
MESKI terhampar nyata setiap hari, tak banyak yang tahu mengapa langit berwarna biru. Umumnya, banyak orang menebak bahwa biru merupakan...
dok.mi

Jangan Panik, Ini Cara Menyiasati Anak yang Susah Makan

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 28 Juli 2021, 01:05 WIB
MEMILIKI anak sehat dengan nafsu makan baik tentu jadi impian semua orang tua. Sayangnya, tak semua anak memiliki nafsu makan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya