Sabtu 24 April 2021, 15:50 WIB

Dai Baznas Ajak Mualaf Dusun Lite Untuk Peduli Sesama

mediaindonesia.com | Humaniora
Dai Baznas Ajak Mualaf Dusun Lite Untuk Peduli Sesama

Ist/Baznas
Dai Mualaf Center Baznas (MCB) melanjutkan kajian pekanan kelompok bapak-bapak dan anak-anak Mualaf.

 

DAI Mualaf Center Baznas (MCB) melanjutkan kajian pekanan kelompok bapak-bapak dan anak-anak Mualaf Suku Ta'a Wana Dusun Linte Desa Takibangke Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah Jumat (9/4). Bertempat di Masjid Al-Amin Linte Tua, tema yang disampaikan pada kajian pekan kali ini adalah tentang kepedulian sosial.

Dai Mualaf Center Baznas Ustaz Hasan Syarif di hadapan para jamaah yang hadir menjelaskan bahwa seorang muslim dituntut untuk saling peduli kepada satu dan dan lainnya.

“Kita sebagai muslim merupakan saudara bagi muslim yang lainnya harus saling menjaga kerukunan dan kita juga dituntut untuk selalu saling peduli kepada satu dan dan lainnya, sebagaimana firman Allah Ta'ala :
اِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌفَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al-Hujurot: 10)”. Terang Ustadz Hasan.

“Bahwa kita sebagai muslim di Dusun Linte ini harus memberikan keteladanan bagi warga lainnya sebagaimana firman Allah Ta'ala bahwasanya jika saudara kita berselisih maka kita harus hadir dengan mendamaikan. Begitu juga jika saudara kita membutuhkan pertolongan menyangkut persoalan ekonomi kita harus membantu sebagaimana hadist Nabi Muhammad Shalallahu'Alaihi Wa Sallam :

“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzaliminya dan tidak membiarkannya untuk disakiti. Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya." (HR. Muslim)," tambahnya

Di akhir kajian Dai Mualaf Center BAZNAS mengingatkan bagaimana pun berat persoalan hidup di Dusun Linte ini jika kita tumbuh kembang sikap kepedulian sosial antara muslim dan masyarakat sekitarnya. Maka Allah Ta'ala akan curahkan rahmat dan berkah di Dusun Linte ini.

Semoga, pembinaan di Dusun Linte seperti ini tetap berjalan sehingga dapat mengokohkan keimanan dan keislaman bagi mualaf di Dusun Linte ini dalam menjalani setiap proses kehidupan yang mereka jalani.

Baca Juga

Antara

Cakupan Vaksinasi di Kendari Capai 91,47 Persen

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:32 WIB
Adapun cakupan dosis ketiga atau vaksin penguat (booster) mencapai 3.556 orang (85,67...
DOK IPB.

61 Dosen IPB University Masuk 100 Besar Ilmuwan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:20 WIB
Dasar penilaian dan pemeringkatan ilmuwan didasarkan pada produktivitas dan efektivitas kerja peneliti dalam lima tahun...
AFP/Scott Olson.

Tambahkan Kacang ke Makanan Anak Kecil Bantu Hindari Alergi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:00 WIB
Studi peer-review, yang diterbitkan di The Lancet, Jumat (21/1), itu melibatkan 146 anak yang alergi kacang tanah berusia antara nol dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya