Rabu 14 April 2021, 06:14 WIB

Indonesia Perkuat Kepemimpinan Perempuan di Sektor Swasta

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Indonesia Perkuat Kepemimpinan Perempuan di Sektor Swasta

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga

 

INDONESIA akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali pada 2022. Pada rangkaian KTT tersebut akan dilaksanakan G20 Empower yang bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan mendukung kemajuan kepemimpinan perempuan di sektor swasta.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyatakan menyambut baik terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan KTT G20 dan pihaknya siap terlibat aktif dalam pelaksanaan G20 Empower.

"Untuk melaksanakan G20 Empower tentunya harus segera dipersiapkan secara baik bersama-sama seluruh stakeholder. Komitmen pemerintah sudah jelas yaitu membangun dunia yang inklusif dan setara, termasuk dalam pemberdayaan perempuan sangatlah tinggi. Hal ini sudah dimulai jauh sebelum adanya G20 dan masih terus berlangsung hingga sekarang," ungkap Menteri Bintang dalam acara Sosialisasi dan Diskusi Persiapan Pelaksanaan G20 Empower di Bali, Selasa (13/4).

Sementara itu, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA, Vennetia R. Danes mengatakan sebagai salah satu upaya mempersiapkan penyelenggaraan G20 Empower, Kemen PPPA akan meningkatkan partisipasi aktif seluruh pihak, melalui pelibatan para pemimpin (top leaders) Perempuan Indonesia dari berbagai perusahaan besar untuk bergabung sebagai Advocates perwakilan Indonesia pada Aliansi G20 EMPOWER.

"Para Advocates ini nantinya akan bertugas sebagai penggiat dalam rangka promosi kepemimpinan perempuan dan pembangunan ekonomi di Indonesia serta menjadi praktik baik yang dapat diduplikasi," kata Vennetia.

Ditambahkannya pemerintah memiliki komitmen untuk memberikan dukungan pada G20 Empower untuk saling berkolaborasi mengangkat isu kesetaraan gender di sektor publik dan swasta.

"Isu ini penting untuk mensinergikan pentingnya peran pemerintah dan sektor swasta (bisnis) yang diharapkan dapat disuarakan melalui peran Advocates yang telah menyatakan kesediaan untuk terlibat dalam G20 Empower pada 2021. Sejauh ini sudah ada 34 Advocates yang terpilih di Indonesia," tegas Vennetia.

Berdasarkan agenda pelaksanaan G20 Presidensi Indonesia, penyerahan peran ketua G20 akan diserahkan Italia ke Indonesia pada 21 September 2021. G20 pada 2022 akan mengangkat tema Recovery Together, Recovery Stronger.

G20 Empower akan menyesuaikan dengan tema Presidensi tersebut melalui tiga pilar, yaitu mempromosikan produktifitas melalui penguatan sumber daya manusia, inovasi untuk produksi dan ekonomi inklusif serta peningkatan kualitas pendidikan dan soft skill; meningkatkan ketahanan dan memastikan pertumbuhan; inklusif, berkelanjutan dan stabilitas.

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19 ini penting untuk memastikan bahwa perusahaan dapat membantu dalam peningkatan dan pertumbuhan ekonomi.

Melalui kepemimpinan (leadership) perempuan dalam bisnis, maka pertumbuhan ekonomi yang inklusif diharapkan dapat tercapai dan menjadi praktik baik Indonesia pada negara anggota G20.

baca juga: Wujudkan Kesetaraan Gender dan Nondiskriminasi di Tempat Kerja

Indonesia selaku Co-Chair berperan untuk memberikan advokasi melalui praktek baik dari CEO di sektor swasta serta mempromosikan aksi dan rekomendasi G20 EMPOWER kepada negara-negara anggota G20 melalui berbagai media. Upaya ini diharapkan membawa perubahan besar untuk mendorong keterwakilan perempuan dalam leadership di perusahaan. (OL-3)

 

 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Vaksinasi Lansia di DKI, Yogyakarta, dan Bali Tertinggi

👤Nur Azizah 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:10 WIB
Budi mengatakan akan memberi vaksin tambahan untuk tiga provinsi tersebut. Tujuannya, agar angka vaksinasi terhadap lansia semakin...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Kemenparekraf Targetkan Cetak 244 Desa Wisata Mandiri hingga 2024

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:04 WIB
Sandiaga mendorong agar desa-desa wisata yang ada di Indonesia dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi...
Dok MI

Daerah Terdeteksi Varian Baru Harus Intensifkan Genome Sequencing

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:26 WIB
Untuk mencegah meluasnya penyebaran ketiga varian yang ditemukan di Indonesia, Kementerian Kesehatan mengintensifkan genome sequencing di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya