Jumat 09 April 2021, 12:52 WIB

Selama Pandemi, Pasien dengan Keluhan Asam Lambung Meningkat

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Selama Pandemi, Pasien dengan Keluhan Asam Lambung Meningkat

Dok Medcom
Ilustrasi gangguan lambung

 

SUDAH setahun lebih pandemi covid-19 menyerang Indonesia. Selama itu juga jumlah pasien yang mengeluhkan sakit pada area lambung turut mengalami peningkatan.

"Itu betul sekali, jumlah pasien yang berobat dengan keluhan masalah seperti maag, gastritis, sampai GERD mengalami peningkatan," ujar dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI-RSCM Kencana Ari Fahrial Syam, Jumat (9/4).

Ari memang tidak mengungkapkan berapa jumlah peningkatan pasien yang mengeluhkan sakit pada area lambung namun dia memastikan kondisi itu
disebabkan stres akibat pandemi.

Baca juga: Bantu Puskesmas, Program Kampus Lacak Covid-19 Diluncurkan

"Sejak pandemi tidak dipungkiri banyak orang stres. Mereka tidak bisa keluar rumah, kurang bersosialisasi, bahkan ada yang kehilangan mata pencaharian," jelas Ari.

Ari memaparkan stres adalah salah satu penyebab utama keluhan penyakit asam lambung. Selain itu, gaya hidup sedentari atau kurang aktivitas selama work from home (WFH) atau berada di dalam rumah juga menyebabkan gangguan asam lambung.

"Kurang aktivitas, terlalu banyak rebahan, kemudian makanan dan minuman yang dikonsumsi juga sangat kurang diperhatikan baik jenis, jumlah, dan waktunya. Ini tentu sangat mempengaruhi kondisi lambung," jelas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

Ari kemudian mengimbau agar masyarakat tetap menjaga pola makan sehat baik jenis, jumlah, dan waktunya. Serta tetap berolahraga meskipun olahraga ringan di dalam rumah.

"Jangan lupa untuk kelola stress, karena stress dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit di dalam tubuh," jelas Ari. (Ant/OL-1)

Baca Juga

firstincare.com

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:00 WIB
Untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Cerita Bambang Brodjonegoro jadi Menristek Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:50 WIB
Bambang Brodjonegoro menceritakan sempat mengusulkan agar kementeriannya kembali menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi...
MI/Dok Kemenag RI

Arab Saudi Belum Beri Sinyal Soal Haji, Kemenag Tetap Persiapan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:10 WIB
Plt Dirjen PHU Khoirizi H Dasir menyampaikan sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat informasi dari Arab Saudi terkait...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya