Jumat 19 Maret 2021, 16:40 WIB

Kalbe Farma Luncurkan Tes Covid-19 Pakai Air Liur Harga Rp488 Ribu

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Kalbe Farma Luncurkan Tes Covid-19 Pakai Air Liur Harga Rp488 Ribu

AFP/Philippe Lopez.
Seorang siswi memberikan sampel selama tes air liur untuk covid-19 di sekolah dasar di Eysines, Prancis, beberapa waktu lalu.

 

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan kit tes deteksi covid-19 dengan sampel saliva atau air liur yang dinilai memiliki akurasi yang setara dengan RT-PCR.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan mengatakan pihaknya mengembangkan tes dari air liur karena terbilang sederhana mengingat alat yang ada saat ini masih terbatas, terutama di daerah-daerah terpencil.

"Sampai saat ini untuk di daerah yang fasilitasnya tidak sebaik di Jakarta atau kota-kota besar itu masih ada sedikit kesulitan melakukan tes covid-19 yang akurat," ujar Djohan dalam acara peluncuran virtual, Jumat (19/3).

Dibanding swab, lanjutnya, tes menggunakan saliva relatif aman dan nyaman saat pengambilan sampel. Penerima tes tak akan merasakan sakit pada hidung atau tenggorokan yang biasanya terjadi saat swab. Ini memungkinkan tak terjadi bersin sehingga petugas yang mengambil tes pun akan aman dari paparan virus.

Pengambilan sampel bisa dilakukan secara mandiri yakni cukup hanya meludah di wadah yang disediakan. Nanti sampel ludahnya dianalisis laboratorium mengandung virus SARS CoV penyebab sakit covid-19 atau tidak.

"Per hari ini tes sudah tersedia. Dalam waktu dekat kami pun akan menyuplai kit pada lab yang berminat. Kami pun akan memngirimkan technical support untuk membantu," kata Djohan.

IVD Division Research Manager, Stem Cell dan Cancer Institute Akterono D Budiyati mengatakan alat tes itu bisa mendeteksi individu tanpa gejala SARS-CoV-2 serta membedakan individu dengan SARS-CoV-2 dan yang bukan dengan sensitivitas hingga 94% dan spesifitas 98%, termasuk mendeteksi virus pada orang yang bergejala (simtomatik) dan tidak bergejala (asimtomatik) covid-19.

Lebih lanjut, Direktur PT Innolab Sains Internasional (KALGen Innolab) Henry Sukardi menerangkan tes saliva buatan Kalbe dibanderol dengan harga Rp488.000. "Untuk masa pengenalan kami berikan biaya khusus kepada masyarakat hingga 31 Maret sebesar Rp400.000," ungkapnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.pribadi

Upaya Enyahkan Pandemi Perempuan Bangsa Gaungkan #prayfromhome

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 07:20 WIB
PROGRAM #prayfromhome yang telah dilaksanakan Perempuan Bangsa sejak awal pandemi dengan melakukan kegiatan Mujahadah Tolak Bala setiap...
ANTARA/Mohammad Ayudha

Harus Isolasi Mandiri di Rumah? Ini yang Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan

👤Henry Hokianto 🕔Rabu 28 Juli 2021, 05:25 WIB
Ada 3 syarat untuk bisa melaksanakan isolasi mandiri yaitu tidak bergejala, bergejala ringan, dan memiliki kamar sendiri dengan ventilasi...
Ant/Fikri Yusuf

Mengapa Langit Berwarna Biru, Tidak Kuning, Hijau atau Coklat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 28 Juli 2021, 02:00 WIB
MESKI terhampar nyata setiap hari, tak banyak yang tahu mengapa langit berwarna biru. Umumnya, banyak orang menebak bahwa biru merupakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya