Sabtu 06 Maret 2021, 03:55 WIB

Menag: Haji 2021 Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi

Widhoroso | Humaniora
Menag: Haji 2021 Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi

ANTARA
Ibadah haji.

 

MENTERI Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan ibadah haji 2021 masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi. "Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan apakah haji tahun ini dibuka atau tidak," ungkap Menag di Solo, Jumat (5/3).

Ia mengatakan jika sudah ada keputusan dari pemerintah Arab Saudi, pemerintah akan segera melakukan persiapan secara teknis. Ia mengatakan saat ini pemerintah sudah menyiapkan sejumlah skenario.

"Tetapi tentu skenario ini baru bisa jalan kalau sudah ada keputusan haji dari pemerintah Arab Saudi, dibuka atau tidak. Skenario salah satunya pembatasan ini," katanya.

Ia memprediksi di masa pandemi COVID-19 ibadah haji tidak akan dijalankan secara normal, termasuk saat perjalanan menuju ke Arab Saudi. "Seperti jaga jarak di pesawat, kemudian kamar yang biasanya diisi delapan orang hanya digunakan empat orang. Sinyal yang kita dapat, ada pembatasan jemaah tidak seperti masa normal," katanya.

Mengenai jemaah lanjut usia, jelas Menag, pihaknya juga belum dapat memastikan apakah bisa mengikuti haji. "Kami belum ada kepastian, mudah-mudahan bisa ya, tetapi ya tidak tahu. Itu kan kebijakan pemerintah Arab Saudi. Kita ini kan tamu, kita ikuti aturan pemerintah di sana," katanya. (Ant/OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Indonesia Perkuat Kepemimpinan Perempuan di Sektor Swasta

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 14 April 2021, 06:14 WIB
Indonesia akan jadi tuan rumah G20 Empower yang bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan mendukung kemajuan kepemimpinan perempuan di...
Dok Webinar PIBK UMJ

Xpooz Jadi Pioner Marketplace UMKM Kampus Muhammadiyah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 06:14 WIB
Pusat Inkubator dan Bisnis Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Jakarta berhasil menciptakan inovasi e-commerce bernama Xpooz ...
pnas.org

BPOM Mengawal Pengembangan Vaksin Merah Putih Hingga Aman

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:10 WIB
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawal pengembangan Vaksin Merah Putih sejak awal penelitian, untuk memastikan vaksin yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya