Selasa 02 Maret 2021, 19:00 WIB

Jalur Penerbangan Terbatas, Pemerintah Andalkan Wisatawan Domestik

Mediaindonesia.com | Humaniora
Jalur Penerbangan Terbatas, Pemerintah Andalkan Wisatawan Domestik

Antara/Fikri Yusuf.
Wisatawan yang datang ke Bali.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia masih belum bisa membuka jalur penerbangan internasional dalam rangka meningkatkan wisatawan mancanegara pada tahun ini.

"Indonesia tidak bisa membuka dengan komunitas internasional. Sekarang ada travel bubble yang merupakan persetujuan bilateral,” katanya dalam sebuah acara, Selasa (2/3).

Airlangga menuturkan pembukaan jalur internasional saat ini bersifat terbatas yaitu hanya untuk orang-orang dengan tujuan tertentu maupun perjalanan esensial.

Sementara dalam rangka mendorong sektor pariwisata maka pemerintah mengandalkan wisatawan domestik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.

Oleh sebab itu, Airlangga mengatakan pemerintah sedang menyiapkan paket kebijakan untuk sektor pariwisata seiring dengan program vaksinasi untuk mencapai herd immunity. "Wisatawan domestik menjadi PR dan kita berharap program vaksinasi bisa mencapai herd immunity di pertengahan tahun dengan 70 juta orang divaksin. Itu akan menjadi game changer juga di sektor pariwisata,” katanya.

Tak hanya itu, ia menyebutkan saat ini pemerintah juga sedang menyiapkan kebijakan sebagai dukungan lebih lanjut terhadap hotel, restoran, dan kafe. "Kita sedang mengerjakannya. Kita akan membuat solusi agar operasionalisasi di sektor itu tidak terlalu rumit. Saat ini sedang ditinjau pemerintah,” ujarnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Zabur Karuru

8 Korban Meninggal Dampak Gempa Malang Terima Santunan Kematian

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 12 April 2021, 09:17 WIB
Kementerian Sosial telah menyantuni santunan kematian untuk delapan orang meninggal akibat gempa 6,1 magnitudo di Kabupaten Malang dan...
MI/Andri Widiyanto

Jam Operasional Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Berubah Saat Ramadan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 09:05 WIB
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN akan menyesuaikan dengan jadwal selama Ramadan. Sedangkan untuk DKI Jakarta, khusus 13 Maret pelayanan...
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Kemenag Atur Skema Haji Jika Kuota Dibatasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Senin 12 April 2021, 08:44 WIB
Kementerian Agama optimistis penyelenggaraan Haji 2021 tetap terbuka meski dengan pembatasan kuota. Sejumlah skema jemaah yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya