Sabtu 20 Februari 2021, 15:00 WIB

Kemenag Susun Modul Moderasi pada PAI di Sekolah

Humaniora | Humaniora
Kemenag Susun Modul Moderasi pada PAI di Sekolah

MI/SUSANTO
Guru melakukan pembelajaran jarak jauh memanfaatkan teknologi internet di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram, NTB, Rabu (23/9/2020).

 

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag tengah menyusun modul penguatan moderasi beragama pada Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah. Ada empat modul yang ditargetkan selesai hingga lima bulan ke depan.

"Lima bulan ke depan, kami menargetkan terbitnya 4 modul ataupun pedoman untuk penguatan moderasi beragama pada PAI di sekolah," sebut Direktur PAI Rohmat Mulyana di Jakarta, Jumat (19/2) seperti dilansir dari laman Kemenag.

Baca juga: Mau Berkontribusi Jadi Relawan, Simak Tips Berikut Ini

Empat modul tersebut adalah buku saku moderasi beragama untuk guru, modul penguatan moderasi beragama bagi institusi pembina guru, modul bagi guru PAI ketika menyampaikan moderasi beragama yang terintegrasi dengan mapel, dan modul moderasi untuk kegiatan kesiswaan.

Modul ini disusun oleh Tim Pengembang Pendidikan Karakter berbasis Moderasi Beragama. Tim ini dibentuk berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 181 Tahun 2021. Dinilai pengalaman sebagai Sekretaris Pokja Implementasi Moderasi Beragama pada Ditjen Pendidikan Islam sejak 2018, Anis Masykhur ditunjuk sebagai koordinator dan PIC program ini.

Menurut Rohmat, desain modul juga telah dikomunikasikan dengan Pusat Pendidikan Karakter Kemendikbud. Komunikasi ini penting agar ada kesepahaman dan titik temu antara pendidikan karakter dengan moderasi beragama.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani  meminta jajarannya untuk terus memperkuat karakter moderasi beragama di sekolah dan madrasah. Tindak lanjutnya adalah adanya penandatanganan kerja sama dua Kementerian ini. (H-3)
 

Baca Juga

Antara/Arnas Padda.

Inilah Akar Masalah Maraknya Perkawinan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 04:55 WIB
Kalau pun perempuan bisa meraih pendidikan tinggi pun, Andy memandang terdapat ketidakseimbangan antara perempuan dan laki-laki dalam...
MI/Rudi Kurniawansyah.

Operasi TMC di Jabodetabek-Jabar Berlangsung hingga Minggu

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 01:50 WIB
Pada Jumat (26/2) disiapkan sebanyak 5 ton garam NaCl untuk dilakukan penyemaian di sejumlah titik di...
Antara/Aditya Pradana Putra.

UU Nomor 23 Tahun 2011 Dianggap belum Tumbuhkan Pengelola Zakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 00:01 WIB
Forum Zakat memandang masih sedikit LAZ berbasis tradisional dan komunal mendapatkan pengakuan dan pengesahan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya