Minggu 07 Februari 2021, 23:27 WIB

Mahasiswa UT di Hong Kong Miliki Etos Kerja Tinggi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Mahasiswa UT di Hong Kong Miliki Etos Kerja Tinggi

DOK MI
Univeristas Terbuka

 

KEBERADAAN Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong yang tetap gigih belajar menempuh pendidikan melalui Universitas Terbuka (UT) merupakan aset Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang dapat berkontribusi bagi Tanah Air. Mereka dinilai mempunyai semangat pantang menyerah yang memiliki etos kerja tinggi.

"Saya apresiasi TKI kita di Hong Kong yang menjadi mahasiswa UT. Mereka gigih pantang lelah meningkatkan kemampuan. Saya yakin kalian lebih matang bekerja keras," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) Muhadjir Effendy sebagi pembicara utama pada Webinar UT Hong Kong: "Memaknai Peran Mahasiswa UT Luar Negeri Dalam Kampus Merdeka", Minggu (7/2).

Muhadjir yang juga mantan Mendikbud ini menilai TKI di Hong Kong gigih dengan semangat belajar tinggi. "Saat sedang libur bekerja, mereka tetap membawa buku sembari belajar di taman dan di jalan-jalan. Hal ini sangat baik sekali. Maka UT mesti memberi akses lebih baik lagi," ujarnya.

Muhadjir juga menilai mahasiswa UT Hong Kong mempunya pengalaman yang lebih baik yang tidak dimiliki mahasiswa konvensional. "Jadi kapitalisasikan pengalaman di Hong Kong dan buatlah mimpi manakala kembali ke Indonesia. Semangat etos kerja yang dimiliki tularkan kepada lingkungan sekitar," ungkap Muhadjir.

Rektor UT, Ojat Darojat mengapresiasi mahasiswa UT di berbagai negara termasuk di Hong Kong. Kendati sibuk bekerja tetap menyempatkan diri menuntut ilmu meningkatkan kompetensi diri dengan semangat.

Saat ini, ungkap Ojat , mahasiswa UT tersebar hingga 91 negara. "UT mendapat amanat oleh kementerian untuk menyukseskan penyelenggaraan UT cyber," tegas Ojat. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA.

BMKG: Waspada Banjir Rob di Pesisir Jakarta di 18-22 Desember

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:46 WIB
Hal ini diakibatkan oleh adanya cuaca ekstrem, pengaruh la nina, monsun Asia yang mengakibatkan curah hujan semakin...
DOK KEMENSOS

Usai Dampingi Presiden, Mensos Saksikan Pencairan Bansos PKH dan BPNT 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:16 WIB
Mensos juga berpesan agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Tidak boleh untuk membeli rokok atau minuman keras," kata...
FOTO/Istana Kepresidenan

Presiden: Aktivitas Pertambangan Merusak Lingkungan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:08 WIB
Jokowi mengungkapkan aktivitas pertambangan menjadi salah satu pemicu utama kerusakan lingkungan di Kabupaten Sintang, Kalimantan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya