Senin 01 Februari 2021, 12:15 WIB

Perguruan Tinggi Berperan Penting Tingkatkan Kapasitas SDM

HUMANIORA | Humaniora
Perguruan Tinggi Berperan Penting Tingkatkan Kapasitas SDM

MI
Istimewa

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mendorong perguruan tinggi dan universitas untuk ikut berperan dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), salah satunya melalui pembinaan dan penerbitan riset yang berkualitas dan sesuai kebutuhan industri.

Peningkatan kualitas SDM, menurut Wapres, merupakan kunci dalam memenangkan persaingan global. "SDM unggul ialah manusia berkualitas yang sehat, cerdas, produktif dalam menghasilkan sesuatu bermanfaat, kompetitif, cinta Tanah Air dan berakhlak mulia," ujarnya.

SDM unggul merupakan kunci, tidak saja dalam hal ketahanan energi, tetapi juga penting memenangkan persaingan global.
Untuk meningkatkan kapasitas tersebut, lanjut Wapres, lembaga pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab dalam menciptakan kualitas lulusan. "Upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM, agar dapat berkompetisi secara global, masih harus terus dipacu, dan lembaga pendidikan, termasuk kampus Universitas Pertamina, turut memikul tanggungjawab yang besar dalam upaya tersebut," kata Wapres dalam orasi ilmiahnya pada Dies Natalis V dan Lustrum I Universitas Pertamina Tahun 2021 secara daring, Senin.

Wapres menyayangkan tingkat produktivitas Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asean. Merujuk pada data Asian Productivity Organisation (APO) Tahun 2020, posisi produktivitas pekerja Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia.

"Sayangnya, ketika kita berbicara produktivitas, khususnya produktivitas tenaga kerja, kita bukan yang terbaik di ASEAN. Kita bahkan berada di bawah rata-rata tingkat produktivitas tenaga kerja di enam negara ASEAN terbesar," tukasnya.

Wapres menyebutkan produktivitas per pekerja Indonesia sekitar US$23.900 atau setara dengan seperlima dari tingkat produktivitas di Singapura yang mencapai US$149.100 per pekerja. "Kita juga masih terpaut jauh dari Malaysia dengan produktivitas per pekerja sebesar US$55.400 atau lebih dari dua kali lipatnya Indonesia," pungkasnya.(Ant/H-1)

Baca Juga

health.harvard.edu

Kenali Makanan Ramah Lambung yang Sehat untuk Berpuasa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:55 WIB
Penderita penyakit asam lambung yang berpuasa sebaiknya memilih makanan yang ramah untuk lambung, misalnya rebusan sayur atau makanan manis...
Antara

Silicon Valley Indonesia Diperluas Hingga Cibadak

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:51 WIB
Pembangunan  Silicon Valley ala Indonesia akhirnya terwujud di kawasan ekonomi khusus (KEK) Kecamatan Cikidang yang diperluas hingga...
Dok Caritas

BaNTTu Flobamora Konser Virtual Diaspora Katolik Sedunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:35 WIB
Diaspora Indonesia dengan bahu-membahu tampil ke depan mengambil aksi peduli dan kasih untuk NTT dalam bentuk Charity Live-streaming...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya