Senin 25 Januari 2021, 14:48 WIB

RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

Hilda Julaika | Humaniora
RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Aktivitas tim medis saat hendak menangani para pasien covid -19 di di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2020).

 

KOORDINATOR RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tugas Ratmono mengatakan saat ini pasien covid-19 dengan gejala mendominasi di RS Wisma Atlet. Padahal sebelumnya, orang tanpa gejala (OTG) justru lebih banyak yang dirawat di salah satu rumah sakit darurat covid-19 ini.

“Kalau dilihat dari waktu ke waktu peningkatan kasus ini OTG lebih banyak dari yang bergejala. Belakangan justru yang bergejala lebih banyak,” kata Tugas dalam diskusi daring di BNPB, Senin (25/1).

Baca juga: Waspada, Saat ini Sudah Ada 556 Klaster Keluarga di DKI

Untuk itu, pihaknya perlu melakukan sejummlah strategi dan antisipasi. Salah satunya dengan memastikan ke-4 tower di Wisma Atlet ini bisa digunakan untuk pasien bergejala. Seperti gejala ringan dengan komorbid (penyakit penyerta). Sementara itu, untuk yang tanpa gejala dialihkan ke Tower 8 dan 9 yang berlokasi di Pademangan.

“Untuk antisipasi semua tower di Wisma Atlet yang berjumlah 4 tower ini digunakan untuk pasien yang bergejala. Gejala ringan atau ada komorbid ya. Kemudian gejala ringan atau tanpa gejala dialihkan ke Tower 8 dan 9 di Pademangan,” paparnya.

“Ini strategi untuk tidak mencapai angka keterisian 80% lebih di RS Wisma Atlet Kemayoran. Dan agar tenaga kesehatan (nakes) tak terbebani. Karena angka 80% ini konteksnya memang beban tinggi bagi nakes,” jelasnya.

Adapun perkembangan terbaru keterisian tempat tidur atau ‘bed of ratio; (BOR) di RSD Wisma Atlet Kemayoran. Per hari ini (25/1) tingkat keterisian mencapai 77,63%. Artinya dari kemampuan hunian 5.994 tempat tidur, sudah terisi sebanyak 4.653.

“Hal ini tidak terlepas dari pasien-pasien positif covid-19 yang dikirim dari puskesmas atau rumah sakit lainnya ke Wisma Atlet,” kata Tugas.

Adapun untuk tingkat terendah hunian di Wisma Atlet berada di kisaran 77%. Sementara, keterpakaian tempat tidur pada tingkat tertinggi pernah mencapai di angka 84%. (OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA

Menag: Haji 2021 Masih Tunggu Keputusan Arab Saudi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 03:55 WIB
Pelaksanaan ibadah haji tahun ini masih menunggu keputusan pemerintah Arab...
ANTARA

Pemerintah Diminta Tak Tergesa-gesa Gelar Pembelajaran Tatap Muka

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 03:45 WIB
Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta pemerintah tidak tergesa-gesa gelar pembelajaran tatap...
ANTARA

BPOM Diminta Keluarkan Aturan BPA Galon Air Guna Ulang

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 02:00 WIB
Badan Pengawas Obat dan  Makanan (BPOM) agar mengeluarkan aturan label peringatan konsumen galon guna ulang yang mengandung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya