Senin 18 Januari 2021, 11:29 WIB

Insan Pariwisata Siap Bergerak Pulihkan Pariwisata Nasional

mediaindonesia.com | Humaniora
Insan Pariwisata Siap Bergerak Pulihkan Pariwisata Nasional

Ist
Acara Pengukuhan Pengurus DPP IPI Periode 2020-2025 yang dipimpin Ketua Umum I Gede Susila Wisnawa, di Hotel Bidari, Mataram, NTB.

 

INSAN Pariwisata Indonesia (IPI) mengapresiasi langkah dan kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sedang berusaha mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Organisasi yang beranggotakan para pelaku industri pariwisata dan usaha mikro keci menengah (UMKM) ini siap menjadi motor untuk membangkitkan industri pariwisata nasional.

 “IPI harus menjadi bagian terdepan dalam pemulihan industri pariwisata dengan melakukan inovasi baru, pendekatan baru dan protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability ),” ungkap Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Guntur Subagja Mahardika.

Pernyataan Guntur Subagja Mahardika diampaikan  pada acara Pengukuhan Pengurus DPP IPI Periode 2020-2025 yang dipimpin Ketua Umum I Gede Susila Wisnawa, di Hotel Bidari, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), seperti dalam rilis tertulis, Senin (18/1).

Guntur Subagja mengatakan, ada harapan baru kebangkitan pariwisata pasca reshufle kabinet dengan dipilihnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf.

“Kami mengapresiasi Pak Menteri Sandiaga Uno yang bergerak cepat untuk memetakan permasalahan dan berupaya mencari solusinya agar industri pariwisata kembali hidup dan menjadi lokomotif perekonomian nasional,” tutur Guntur.

Sektor pariwisata adalah industri yang melibatkan berbagai sektor kegiatan ekonomi. Selain pelaku industri pariwisata itu sendiri, juga melibatkan ekonomi kreatif, UMKM, pertanian dan perikanan, transportasi, dan sektor-sektor lainnya.

Guntur mengajak anggota IPI untuk mampu menciptakan lapangan kerja yang besar.

“Saat ini ada 64 juta UMKM yang menyerap lapangan kerja sekitar 107 juta orang, namun sebagian besar mereka terdampak pandemi sehingga mereka melakukan PHK atau merumahkan para pekerja mereka. Bahkan sebagian usaha mereka terpaksa tutup,” jelasnya.

“IPI bersama-sama sektor lainnya harus memulai membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,”ujar Guntur.

Dalam menciptakan lapangan kerja, salah satunya, IPI dapat mengembangkan wisata desa.

“Bapak Wakil Presiden memiliki program Dewa Dewi, yaitu Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri. Sektor ini dapat menghidupkan ekonomi desa dan melahirkan lapangan kerja bagu warga setempat dan menghidupkan UMKM,”kata Guntur Subagja yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Ketua Umum IPI I Gede Susila Wisnawa menjelaskan IPI merupakan suatu wadah bagi para pelaku pariwisata untuk saling membantu promosi, bertukar informasi, menggali dan mempopulerkan potensi kearifan budaya lokal agar lebih popular di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya, dalam rangka membantu program pemerintah dalam bidang pariwisata.

 “IPI adalah organisasi sosial profesi bidang kepariwisataan yang baru berdiri empat tahun tapi kami siap berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara, khususnya industri pariwisata nasinal,”kata Gede. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi: Transformasi dan Kedaulatan Digital Harus Seirama

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 26 Februari 2021, 11:46 WIB
Transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Namun, jangan sampai hal itu hanya...
Antara

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 26 Februari 2021, 11:30 WIB
SUDAH sejak lama, bunga mawar digunakan sebagai salah satu bahan alami dalam merawat...
DOK BPJAMSOSTEK

Program Relaksasi BPJAMSOSTEK Berakhir, Ini Hasilnya untuk Peserta

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:59 WIB
Pandemi Covid-19 yang sudah ditetapkan statusnya sebagai bencana nasional, telah menimbulkan implikasi pada aspek ekonomi dan sosial yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya