Selasa 12 Januari 2021, 17:40 WIB

Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Harus Matang agar Berjalan Lancar

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Harus Matang agar Berjalan Lancar

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Anggota TNI AD memasukkan vaksin covid-19 ke mobil untuk didistribusikan di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (12/1).

 

TAHAPAN vaksinasi covid-19 harus direncanakan secara matang, baik secara teknis maupun psikologis, agar tidak terjadi hambatan dalam pelaksanaannya.

"Penting untuk memastikan kesiapan secara teknis dan psikologis masyarakat dalam menerima vaksinasi covid-19, sehingga menekan hambatan dalam penerapannya," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/1).

Menurut Lestari, hambatan di tengah proses vaksinasi covid-19 harus diantisipasi dengan cermat, mengingat masih ada kelompok masyarakat yang belum sepenuhnya menerima vaksinasi covid-19. Bila terjadi hambatan atau keluhan dalam proses pemberian vaksin, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, dikhawatirkan akan memperbesar resistensi masyarakat yang masih meragukan efektivitas vaksin covid-19.

Karena itu, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kelancaran proses vaksinasi covid-19 sangat penting agar pengendalian penyebarannya bisa segera terwujud. Sejumlah langkah, menurut Rerie, harus dilakukan, antara lain dalam bentuk sosialisasi masif terkait manfaat dan tahap pengaplikasian vaksin covid-19.

Selain itu, tambahnya, simulasi teknis pelaksanaan vaksinasi di setiap daerah juga harus dipahami oleh masyarakat dan para tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi agar tidak terjadi kendala dalam pelaksanaannya.

Pada kesempatan itu, Rerie mengapresiasi langkah pemerintah yang mendahulukan tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik untuk divaksinasi. Langkah tersebut, lanjutnya, merupakan langkah strategis di tengah belum terkendalinya penyebaran covid-19 di Tanah Air yang sangat membutuhkan bantuan tenaga kesehatan.

Lebih dari itu, ungkap Rerie, bila pasokan vaksin covid-19 sudah dalam jumlah yang memadai, pemerintah bisa membuka opsi vaksin mandiri atau langkah vaksinasi yang diupayakan secara mandiri bagi masyarakat yang memiliki kemampuan finansial lebih.

Menurut Rerie, langkah tersebut bisa dilihat sebagai upaya untuk percepatan dan perluasan pemberian vaksin covid-19 kepada masyatakat. Rerie berharap, sejumlah strategi yang diterapkan pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 secara nasional bisa berjalan dengan baik dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. (RO/OL-14)

Baca Juga

AFP/Al Bello

Enam Obat Gaya Hidup untuk Panjang Umur

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 01:00 WIB
Diet tinggi dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lebih rendah produk hewani dan makanan olahan telah dikaitkan dengan pencegahan...
Antara

GeNose akan Dipakai Deteksi Korona di Transportasi Publik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:00 WIB
GeNose merupakan alat pendeteksi covid-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada...
Ist

480 Paket Bubur Bayi untuk Korban Gempa Sulbar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:12 WIB
Sebanyak 480 paket bubur bayi disalurkan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), sejak Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya