Kamis 07 Januari 2021, 19:54 WIB

Kemendikbud Dorong Perguruan Tinggi Lakukan Inovasi dan Terobosan

Eni Kartinah | Humaniora
Kemendikbud Dorong Perguruan Tinggi Lakukan Inovasi dan Terobosan

Ist
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1 Megawatt-peak (MWp) kolaborasi dengan Institut Teknologi Sumatera ( ITERA).

 

PEMERINTAH melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selalu mendorong perguruan tinggi untuk selalu melakukan inovasi dan terobosan dalam memajukan mutu pendidikan dan kualitas lulusan.

“Kualitas lulusan perguruan tinggi yang bisa diandalkan oleh sektor usaha dan masyarakat ketika mereka lulus dari perguruan tinggi,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D.

Pernyataan Dirjen Kemendikbud Prof. Nizam tersebut disampaikan saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1 Megawatt-peak (MWp) kolaborasi antara Institut Teknologi Sumatera ( ITERA), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) di Lampung, Kamis (7/1).

PLTS tersebut dibangun di lahan terbuka seluas 1 hektare milik ITERA tersebut menjadi laboratorium PLTS On-Grid Ground Mounted pertama dan terbesar di antara universitas lainnya di Indonesia.

“ITERA berhasil membangun sinergi dan kolaborasi antara kampus, pemerintah, BUMN dan swasta dalam pengembangan energi terbarukan, khususnya pemanfaatan cahaya matahari yang diubah menjadi energi, energi yang ramah lingkungan dan memiliki sangat ekonomis,” kata Prof.Nizam.

“Untuk itu mahasiswa ITERA harus memanfaatkan laboraorium PLTS ini untuk menerapkan teori dan praktek dalam pengembangan energi ramah lingkungan,” tegas Prof. Nizam.

Sementara itu, Rektor ITERA, Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D, menyampaikan, keberadaan PLTS 1 MWp menjadi kebanggaan tersendiri bagi ITERA dalam pengembangan energi baru dan terbarukan sehingga ITERA mampu menjadi kampus yang mandiri energi.

“Atas capaian ini, ITERA menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung pembangunan Laboratorium PLTS ITERA, utamanya kepada  PT Wijaya Karya Energi dan SUN Energy. Semoga Laboratorium PLTS ITERA dapat menginspirasi perguruan tinggi dan pihak-pihak lain dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia,” ujar Rektor ITERA.

Di kesempatan yang sama, SUN Energy diwakili oleh Donny Safrudin, Head of Sales SUN Energy, mengatakan bahwa energi baru terbarukan adalah masa depan energi Indonesia.

“Biasanya instalasi sistem panel surya on-grid dilakukan di atas atap. Uniknya, PLTS Itera ini dibangun dengan memanfaatkan lahan terbuka yang ada di lingkungan kampus,” kata Donny.

“Ini merupakan PLTS On-Grid Ground Mounted pertama dan terbesar di antara seluruh universitas di Indonesia,” jelasnya.

“Pembangunan PLTS di ITERA ini tidak memerlukan investasi dari pihak universitas, karena SUN Energy yang menyediakan seluruh biaya, mulai dari keperluan teknis seperti desain konstruksi, pembelian panel, hingga instalasi,” tegas Donny. (Nik/OL-09)

 

Baca Juga

Dok Lestari Moedijat

Penanaman Nilai Kebangsaan Dorong Ketaatan terhadap Etika

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 20:11 WIB
Menurut Rerie, menanamkan norma berkomunikasi lewat internet dengan meningkatkan literasi digital...
Dok Amazing Malang Run.

Amazing Malang Run 2021 Segera Digelar 20 Maret 2021

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 26 Februari 2021, 20:04 WIB
Panitia juga akan menambah jumlah medali fisik menjadi...
Michael M. Santiago/Getty Images/AFP

Vaksinasi Mandiri Akan Pakai Vaksin Sinopharm dan Moderna

👤Antara 🕔Jumat 26 Februari 2021, 18:40 WIB
Anak Perusahaan Kimia Farma akan menjadi importir vaksin Sinopharm asal China dan Moderna dari Amerika Serikat untuk Program Vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya