Rabu 30 Desember 2020, 03:40 WIB

INACA Dukung soal Pembatasan WNA

Insi Nantika Jelita | Humaniora
INACA Dukung soal Pembatasan WNA

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Dua warga negara asing (WNA) berbincang dengan petugas TNI untuk proses karantina setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

 

INDONESIA National Air Carriers Association (INACA) mendukung keputusan pemerintah yang menutup pintu penerbangan untuk kedatangan semua warga negara asing ke Indonesia dari 1 hingga 14 Januari 2021.

Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja, menilai langkah yang diambil pemerintah untuk melindungi masyarakat dari varian baru virus korona yang berasal dari Inggris. “INACA memandang apa yg dilakukan pemerintah sangat baik. Kebijakan pelarangan masuk semua WNA, kecuali pejabat negara ke wilayah Indonesia, tidak mengganggu trafi k penerbangan di dalam negeri,” ujar Denon, kemarin.

Terpisah, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengungkapkan calon penumpang yang ingin membatalkan pemesanan tiket akan mendapat pengembalian dana dari Garuda. Pihaknya juga bakal memberikan fasilitas perubahan jadwal keberangkatan. “Kita sarankan sebaiknya reschedule saja, toh cuman 14 hari (pelarangan masuk WNA),” ungkap Irfan. “Kita seperti biasa ikut mendukung ketentuan pemerintah dan penerbangan akan fokus untuk repatriasi WNI dan juga kargo,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menyatakan keputusan untuk menutup pintu masuk bagi seluruh WNA harus diikuti dengan ketegasan aparat di bandara internasional, pelabuhan laut, dan di pintupintu masuk perbatasan dengan negara tetangga.

Ditambahkannya, antisipasi dan kewaspadaan tinggi juga harus tetap diberlakukan, antara lain dengan upaya mendeteksi kemungkinan adanya kasus penularan virus korona jenis baru di dalam negeri.

Kementerian Kesehatan RI sejauh ini belum memastikan adanya mutasi covid-19 di Indonesia. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa laboratorium khusus genetik untuk memeriksa virus. “Kita akan rutin melakukan genome sequencing untuk melihat apakah ada strain baru dan selalu bekerja sama dengan laboratorium internasional yang rutin melakukan genome sequencing untuk mengetahui pola penyebaran,” lanjutnya.

Salah satu negara tetangga, Filipina, mulai kemarin juga telah melarang masuk pelancong dari 19 negara hingga pertengahan Januari untuk mencegah penyebaran varian baru covid-19. (Ins/Aiw/Fer/AFP/RO/X-11)

Baca Juga

Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...
Antara

Saat Ini, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa 5 Juta Dosis

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 30 September 2022, 23:41 WIB
Terdapat daerah dengan laju vaksinasi cepat, sehingga stok vaksin covid-19 menipis. Namun, ada daerah yang stok vaksinnya tinggi, karena...
MI/Dinda Shabrina

Pakar : Belum Ada Bukti Paparan BPA Berbahaya bagi Kesehatan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 30 September 2022, 23:40 WIB
Benarkah paparan senyawa kimia Bisfenol A (BPA) bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kanker hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya