Kamis 24 Desember 2020, 20:55 WIB

Pusri Utamakan Palembang Sebagai Lokasi Pabrik Baru

Widhoroso | Humaniora
Pusri Utamakan Palembang Sebagai Lokasi Pabrik Baru

MI/Dwi Apriani
Pengemasan pupuk bersubsidi di pabrik PT Pusri, Palembang, Sumatera Selatan.

 

ANAK usaha holding BUMN PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) tetap mengutamakan Kota Palembang sebagai lokasi untuk mendirikan pabrik baru yang masuk dalam program revitalisasi dua pabrik lama yakni Pusri III dan Pusri IV.

Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (24/12) mengatakan pemilihan Kota Palembang karena menyadari Pusri memiliki historis yang kental dengan kota ini.

"Kami (Pusri) berupaya maksimal pengembangan pabrik tetap di Palembang karena memang Pusri ini kebanggaannya. Nanti akan kami carikan nama pabriknya yang lebih menantang," kata Tri.

Dijumpai dalam peringatan HUT ke-61 PT Pusri di Gedung Serbaguna PT Pusri, Tri mengatakan keinginan Pusri untuk merevitalisasi dua pabrik 'tua' itu sangatlah beralasan karena kedua pabrik itu sudah tidak efisien lagi dalam penggunaan gas.

Melalui revitalisasi, Pusri diharapkan menghasilkan produk yang berdaya saing dari sisi harga karena sudah terjadi penurunan biaya produksi. "Saat ini kami lagi visible study, ya semakin cepat semakin baik," kata Tri.

Terkait rencana pembangunan pabrik baru yang membutuhkan dana sekitar Rp10 trilun-Rp11 triliun tersebut, Tri mengatakan pihaknya sudah melaporkan ke Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Ini berkaitan dengan persoalan pendangkalan alur Sungai Musi yang hingga kini belum ditemukan solusinya. Akibat pendangkalan ini, volume ekspor pupuk semakin tergerus dari 10.000 ton untuk sekali angkut menjadi hanya 5.000-6.000 ton.

Sejauh ini Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PU dan Kementerian
Pekerjaan Umum (PUPR). Dukungan penuh diberikan Pemprov Sumsel untuk pembangunan pabrik baru itu karena daerah ini berkeinginan meningkatkan produksi padi. (Ant/R-1)

Baca Juga

Antara/Arif Firmansyah.

Inspirasi Busana Bridesmaid Hijab Modern 2022

👤Miskah Syifa Putri 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:50 WIB
Long dress model mermaid dengan sentuhan tile atau tafeta sangat cocok dicoba. Berikut ini adalah trend model busana bridesmaid hijab tahun...
Ist

Pameran Seni Erlangga Art Awards 2022 Telah Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:50 WIB
Sejumlah karya lukisan, fotografi, film pendek, seni instalasi dari pekerja seni muda dan pelajar Indonesia akan dipamerkan dalam Erlangga...
Pexels

Media Sosial Berdampak Negatif Bagi Remaja, Benarkah?

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:45 WIB
"Pemanfaatan media sosial secara bijak yakni mampu mengendalikan diri dengan produktif dan positif, maka dia dapat menumbuhkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya