Senin 21 Desember 2020, 18:24 WIB

Perguruan Tinggi Didorong Terapkan Penggunaan Teknologi Geospasial

Mediaindonesia.com | Humaniora
Perguruan Tinggi Didorong Terapkan Penggunaan Teknologi Geospasial

Dok. Pribadi
Memenangkan GIS Award dari Esri Indonesia membuktikan pencapaian dan dedikasi terhadap teknologi geospasial. 

 

ESRI Indonesia mengumumkan para pemenang penghargaan sistem informasi geografis (GIS Award). Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi terhadap perguruan tinggi yang berperan dalam percepatan transformasi digital dan teknologi geospasial. 

"Penghargaan ini merupakan apresiasi tinggi kami kepada para pendidik, siswa, dan komunitas yang telah menerapkan solusi geospasial untuk mengajar, melakukan penelitian dan tentunya pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata CEO Esri Indonesia Achmad Istamar dalam keterangan, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Kemenkeu Klaim Realisasi PEN Capai 69,6%

Achmad menambahkan, bermitra dengan berbagai universitas di Indonesia adalah salah satu prioritas utama untuk mendukung berbagai penelitian berbasiskan inovasi di seluruh negeri. Sejak 2014 Esri Indonesia telah bekerja sama dengan lebih dari 39 universitas dan 7.984 lisensi telah digunakan. 

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan universitas terkemuka dan para pakar yang telah berkontribusi pada kemajuan teknologi geospasial," imbuhnya. 

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Mochamad Ashari mengatakan, GIS memungkinkan pihaknya mengetahui masalah terkini yang dihadapi dunia. Menurut dia, informasi geografis juga membuat pihak kampus dapat membuat keputusan yang bijaksana. 
 
"Ini juga memungkinkan para siswa kami untuk berfikiran lebih kritis dan terus mengasah keterampilan analisis spasial yang dibutuhkan dalam angkatan kerja saat ini," terang Ashari. 

Sementara itu, Rektor Universitas Indo Global Mandiri Marzuki Alie mengatakan, memenangkan GIS Award dari Esri Indonesia membuktikan pencapaian dan dedikasi terhadap teknologi geospasial. 

Bersama Esri Indonesia, kami dapat membekali siswa kami dengan keterampilan yang dibutuhkan dan membantu mereka meraih kesuksesan di era digital yang semakin maju. 

Baca juga: Gibran Terseret Kasus Bansos, Relawan: Fitnah Pengusaha Hitam

"Program pendidikan ini telah menyatukan pengalaman industri dunia nyata dalam perangkat lunak GIS dengan latihan praktik terbaik," tutur Marzuki. 

Di era pandemi covid-19, Esri Indonesia bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi mengintegrasikan berbagai informasi geospasial dan memvisualisasikannya pada dashboard pemetaan dinamis. (RO/A-3)

Baca Juga

Ist

Dari Hasil Penelitian, Ada Perbedaan Nilai Perorangan dan Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:18 WIB
Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno mengtaakan hal ini mengindikasikan adanya ketidakselarasan antara...
MI/ Abdillah M Marzuqi

BPJPH Pantau Ekosistem Industri Halal

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:00 WIB
BPJPH berupaya meningkatkan layanan jaminan produk halal dengan upaya proaktif, kreatif, dan...
DOK Sinar Mas Land.

BBQ 2021: Ratusan Anak Berlomba Membaca Al-Qur'an secara Virtual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:35 WIB
Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur'an...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya