Jumat 18 Desember 2020, 17:15 WIB

Bibit Vaksin Eijkman, Unair dan UI Berpotensi Siap Triwulan I 2021

Humaniora | Humaniora
Bibit Vaksin Eijkman, Unair dan UI Berpotensi Siap Triwulan I 2021

ANTARA/Puspa Perwitasari
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (kiri) usai membahas perkembangan vaksin Merah Putih di DPR, Selasa (8/9)

 

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) berpotensi menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih kepada PT Bio Farma pada triwulan I 2021.

"Dari yang sudah berproses kami perhatikan ada tiga paling cepat dari Lembaga Eijkman, Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Perkiraan ketiganya punya potensi menyerahkan bibit vaksin ke Bio Farma di triwulan 1 tahun depan," kata Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Bambang dalam acara roadshow Laboratorium Mobile BSL-2 varian bus di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Jumat (18/12).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 tidak Berkaitan dengan BPJS Kesehatan

Menristek menyerahkan Surat Keputusan Menristek/BRIN tentang Pelaksana Harian Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19) kepada tim peneliti Universitas Gadjah Mada yang terlibat dalam pengembangan Vaksin Merah Putih.

Bambang menuturkan pihaknya bersinergi dengan Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melakukan upaya percepatan untuk pelaksanaan uji klinis Vaksin Merah Putih.

"Kami upayakan pelaksanaannya bisa lebih cepat, dan harapannya akhir tahun sudah bisa diproduksi dan diberikan kepada penerima vaksin," tuturnya.

Saat ini, ada enam lembaga yang mengembangkan Vaksin Merah Putih, yaitu Eijkman, Universitas Airlangga, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dengan masing-masing platform yang berbeda. (Ant/H-3)

Baca Juga

dok.ITB

Forum Dosen SBM ITB Minta Wakil Rektor ITB Muhamad Abduh Diberhentikan

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 30 November 2021, 10:50 WIB
PARA dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) mengajukan petisi mosi tidak percaya dan meminta...
Ist

Goenawan Mohamad Menginspirasi Kalangan Muda dalam Setiap Tulisannya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 10:48 WIB
Sampai-sampai Rizal Mallarangeng, dalam epilog buku ini, berani menyandingkannya dengan Winston Churchill, mantan Perdana Menteri Inggris...
creepercrawler

Ini Tips Menjaga Bayi dan Anak dari Iritasi Kulit

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 10:42 WIB
Hal yang perlu diperhatikan orangtua adalah bagaimana pencegahan iritasi dan luka dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya