Selasa 08 Desember 2020, 02:35 WIB

Billie Eilish Abaikan Perundungan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Billie Eilish Abaikan Perundungan

AFP
Musikus Billie Eilish

 

MENJALANI masa remaja sebagai figur terkenal bukanlah hal yang mudah bagi musikus Billie Eilish, 18. Berulang kali Eilish mendapatkan perundungan, salah satunya body shaming.

Kegemarannya memakai pakaian yang longgar dan celana baggy pun menjadi sasaran perundungan. “Aku tidak ingin dunia tahu segala sesuatu tentang aku. Itulah kenapa aku selalu pakai baju dan celana yang longgar,” ujarnya dalam wawancara dengan Vanity Fair.

“Tidak ada orang yang bisa beropini karena mereka tidak tahu yang sebenarnya. ‘Oh, dia kurus, dia gemuk’ seperti itu,” ujarnya.

Baca juga: Billie Eilish Raih Record of the Year di Ajang Grammy

Ketika usianya baru menginjak 16 tahun, dia digosipkan sedang hamil karena kegemaran memakai baju kedodoran tersebut. Pada Oktober lalu, foto Eilish sedang bersantai mengenakan tank top dan celana pendek menyebar. Haters merundung foto tersebut sebagai sebagai ‘tubuh emak-emak’.

Eilish menampik tudingan tersebut. “Ada fotoku sedang berjalan menghampiri kakakku Finneas pada siang hari yang panas dengan memakai tank top. Orang-orang seperti, ‘Waduh, Eilish menjadi gemuk!’,” tutur pelantun Ocean Eyes tersebut.

“Aku ingin mengatakan pada mereka, ‘Tidak, seperti inilah penampilanku biasanya! Kamu belum pernah melihatnya sebelumnya’,” imbuhnya santai.

Baca juga: Billie Eilish Rilis Lagu Baru Hari Ini

Eilish dikenal berulang kali mengangkat isu tentang body positivity kepada para penggemarnya, termasuk yang masih berusia remaja. Ia mengaku sering kali mendapatkan banyak pesan positif atas hal tersebut. “Alasan orang mendengar kamu ialah karena dirimu sendiri.  Mereka tidak menganggapmu hingga kamu menceritakan hal yang tidak pernah mereka ketahui tentang dirimu,” ujarnya bijak.

Meski demikian, ia juga mengaku senang bisa membantu banyak remaja dengan kata-katanya. “Senang rasanya jika mendengar ada anak yang memberi tahuku bahwa aku membuat mereka merasa nyaman dengan diri dan tubuh mereka. Jika ada yang bisa kulakukan, aku akan melakukannya,” tandasnya.


Batalkan tur

Pandemi yang melanda pun membuat Eilish terkena imbasnya. Ia mengumumkan secara resmi membatalkan rangkaian turnya yang bertajuk When We All Fall Asleep, Where Do We Go?

“Kami telah mencoba skenario sebanyak mungkin untuk tur, tetapi tidak ada yang memungkinkan. Meskipun saya tahu begitu banyak dari kalian yang ingin mempertahankan tiket dan tiket VIP kalian, hal terbaik yang kami bisa lakukan untuk setiap orang ialah mendapatkan uang kembali ke tangan kalian secepat yang kami bisa,” kata Eilish dalam unggahan Twitter-nya, kemarin.

“Pantau e-mail kalian untuk mengetahui info selengkapnya dari tempat pembelian tiket. Jika kami sudah merasa siap dan kondisi aman, kami akan memberi tahu kalian untuk tur berikutnya,” imbuhnya.

Eilish kemudian mengakhiri unggahannya dengan menulis, “Aku sangat mencintaimu. Tetap sehat, minum banyak air, dan pakai masker.”

Rangkaian tur tersebut sempat digelar tiga kali pada awal tahun ini sebelum pandemi merebak. Sebagai gantinya, Eilish dan kakaknya, Finneas, berulang kali melakukan pertunjukan daring lewat streaming.

Pada Februari 2021, Eilish juga akan meluncurkan film dokumenternya bertajuk Billie Eilish: The World’s a Little Blurry, yang akan tayang perdana di bioskop dan di Apple TV+. (Ant/H-3)
 

Baca Juga

Freepik.com

Sudah Tahu Belum? Yuk, Kenali 8 Arah Mata Angin!

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:34 WIB
Mata angin digunakan sebagai panduan untuk menentukan arah yang umumnya digunakan dalam navigasi, kompas, dan...
DOK Kemendikbudristek

Kedaireka Genjot Kolaborasi Kampus dan Industri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:34 WIB
Platfom Kedaireka sejalan dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berdampak pada peningkatan kolaborasi...
DOK Puspresnas

Kompetisi LDBI dan NSDC Rangsang Siswa Berpikir Kritis

👤Widhoroso 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
PENYELENGGARAAN Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Debating Championship (NSDC) 2021 secara resmi berakhir, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya