Kamis 03 Desember 2020, 09:54 WIB

Mensos Silaturahmi dengan Pegiat Hak-Hak Penyandang Disabilitas

mediaindonesia.com | Humaniora
 

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menggelar pertemuan dengan para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas. Pertemuan merupakan ajang silaturahim dan bertukar pemikiran menjelang puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Kamis besok.

Dalam sambutaannya pada acara 'Silaturahmi Menteri Sosial RI dengan Tokoh Penyandang Disabilitas dalam Rangka Hari Disabilitas Internasional tahun 2020', Mensos menekankan bahwa silaturahim dan saling tukar informasi dengan para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas penting dilakukan.

Karena, katanya, dalam menyelenggarakan pelayanan terhadap penyandang disabilitas, pemerintah tidak bisa sendiri. “Dengan silaturahmi seperti ini kita bisa bersama-sama bersinergi merumuskan langkah-langkah efektif dalam rehabilitasi dan penguatan hak-hak penyandang disabilitas,” kata Mensos Juliari.

Hadir dalam silaturahmi ini sekitar 20 orang perwakilan, baik dari para tokoh dan pegiat hak-hak penyandang disabilitas. Pertemuan digelar untuk mempererat silaturahmi dan saling pemahaman kedua belah pihak.

“Dengan duduk bersama, kami bisa mendengarkan masukan dari para tokoh dan pegiat. Hal-hal apa yang sudah dikerjakan pemerintah dan apa yang perlu diperkuat. Kemensos memastikan, menjadi garda depan dalam penguatan hak dan aksesibilitas penyandang disabilitas,” katanya.

Puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 dirayakan besok, Kamis (03/12/2020). Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan sambutan secara daring.

Di Indonesia sendiri, acara pembukaan Hari Disabilitas International 2020 telah dibuka sejak 18 November lalu. Dalam rangka menyambut HDI tahun 2020, Kemensos mengadakan berbagai kegiatan menarik di acara pembukaan dan konferensi pers HDI 2020, salah satunya peluncuran situs Creative Disabilities Gallery.

Tema Hari Disabilitas Internasional yang diangkat tahun ini adalah 'Building Back Better: toward a disability inclusive, accessible and sustainable post COVID-19 world' (Membangun kembali kehidupan yang lebih baik ke arah yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi COVID-19).
 
Acara HDI 2020 sendiri dibuka langsung oleh Mensos Juliari. Selain memberikan sambutan dalam kegiatan launching Website Creative Disability Gallery, Mensos turut menyerahkan bantuan sosial berupa alat bantu disabilitas secara simbolis yang dilakukan di Gedung Aneka Bhakti, Jl. Salemba Raya No.28 Jakarta Pusat. (RO/OL-10)

 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Budhiana

Hadapi 1 Juta Kasus Covid-19, NasDem Waspadai Kegiatan Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:08 WIB
Kemenparekraf harus memastikan tempat-tempat wisata mematuhi protokol...
Ist

Inovasi New Normal untuk Industri Perhotelan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:40 WIB
Inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah...
Antgara/M.RIsyal Hidayat

Dukung Penerapan GeNose di Kereta, Pengamat : Praktis dan Murah  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:04 WIB
Menurutnya, pemakaian GeNose akan menguntungkan masyarakat, karena harga yang dipatok dianggap murah sekitar Rp20 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya