Senin 30 November 2020, 15:56 WIB

Menag: ASN Kemenag Tak Boleh Berbeda Sikap dengan Pemerintah

Faustinus Nua | Humaniora
Menag: ASN Kemenag Tak Boleh Berbeda Sikap dengan Pemerintah

Antara
Menteri Agama Fachrul Razi

 

APARATUR Sipil Negara di lingkungan kerja Kementerian Agama merupakan alat negara dan bagian dari pemerintah. Sehingga, tidak boleh memiliki sikap yang berbeda dengan pemerintah.

"Saya ingatkan selalu, Kemenag bagian dari pemerintah. Jadi jangan sampai ada individu (ASN) di Kemenag yang memiliki sikap berbeda dengan  pemerintah," kata Menteri Agama Fachrul Razi, di Cipanas, Jawa Barat, Senin (30/11). 

Hal itu ditegaskan Fachrul, mengingat sikap moderasi beragama merupakan ruh kebijakan pemerintah di bidang keagamaan. Dirinya pun yakin saat ini ASN Kemenag telah paham dan menjalankan moderasi beragama itu.

"Saya sudah banyak menyaksikan ini banyak dilakukan oleh ASN kita. Terakhir saya saksikan moderasi beragama saat kemarin berkunjung ke NTT," ungkapnya.

Baca juga : Menag Doakan Ketum PBNU Segera Sembuh dari Covid-19

Menag berkisah, dalam kunjungannya ke NTT beberapa hari lalu, ia meresmikan Gedung Asrama Haji Antara Kupang. Saat itu, dia ingin menyampaikan, bahwa asrama tidak hanya dapat digunakan oleh umat islam, tapi juga kegiatan sosial oleh umat agama yang lain.

"Belum sempat saya sampaikan, ternyata mereka sudah melakukan.  40 mahasiswa Papua yang notabene kristen dan merupakan mahasiswa IAKN tinggal di asrama haji tersebut. Ini praktik Moderasi Beragama yang membahagiakan," ujar Menag. 

"Saya ga pernah beri arahan langsung, tapi mereka sudah otomatis saja. Ini sesungguhnya yang sebenarnya sudah (lama) terjadi di masyarakat kita," sambung Menag. 

Bahkan dari NTT, Menag memperoleh oleh-oleh sajadah tenun khas Kupang. "Mereka buatkan sajadah dan menyerahkan kepada saya, itu dibuat oleh ibu-ibu pengrajin UMKM yang mayoritas Kristen," tutup Menag.(OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Pemalsuan Surat Tes Swab Picu Klaster Pesawat

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 25 Januari 2021, 16:02 WIB
Yusri mengatakan pihaknya terus menindak para pemalsu tes covid-19 palsu. Terakhir, polisi mengamankan tujuh orang tersangka yang merupakan...
MI/Ramdani

Libur Akhir Tahun, RS Wisma Atlet Terima 400 Pasien Per Hari

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:50 WIB
“Hal ini tidak terlepas dari pasien-pasien positif covid-19 yang dikirim dari puskesmas atau rumah sakit lainnya ke Wisma...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:48 WIB
Saat ini pasien covid-19 dengan gejala mendominasi di RS Wisma...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya