Kamis 26 November 2020, 10:05 WIB

Tiga Gejala PCOS yang Harus Diwaspadai

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Tiga Gejala PCOS yang Harus Diwaspadai

MI
Infografis

 

POLYCISTIC ovarian syndrome (PCOS) merupakan suatu kondisi yang terjadi ketidakseimbangan hormon pada wanita usia produktif. Dokter spesialis obstetri & ginekologi, Benediktus Arifin, meng­ungkapkan ada tiga gejala PCOS yang perlu diwaspadai.

Gejala pertama ditunjukkan oleh haid tidak teratur, kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, kurang dari 8 kali dalam setahun, dan lebih dari 90 hari tidak haid sama sekali. 

“Ini dianggap sebagai gejala dini,” kata benediktus dalam webinar via Instagram Live bertajuk Deteksi Dini PCOS, beberapa waktu lalu.

Gejala PCOS kedua diketahui dari munculnya rambut halus berlebih, sedangkan gejala PCOS ketiga terjadi ketika jumlah folikel di dalam ovarium mencapai 20 dan ukurannya lebih dari 10 milimeter. Sebab, pada kondisi normal, umumnya jumlah folikel dalam ovarium hanya mencapai 10-16 pada setiap ovarium.

“Kalau misal 2 dari 3 gejala tadi terpenuhi, bisa dikatakan sebagai PCOS,” sergah dokter benediktus.

Menurutnya, PCOS dapat membuat seseorang tidak subur dan menghambat kehamilan. namun, tidak menutup kemungkinan penderita PCoS mampu hamil secara alami, yaitu dengan melaku-kan gaya hidup sehat, menurunkan berat badan, berolahraga rutin, dan istirahat cukup.

“Alami pun bisa, tergantung pada kondisi PCOS-nya bagaimana, kondisi spermanya (suami) bagaimana,” tandasnya. (H-2)

Baca Juga

Ilustrasi

BMKG: Aktivitas Gempa Awal 2021 Meningkat Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:31 WIB
"Tentu saja aktivitas gempa awal Januari 2021 ini tidak lazim, karena dalam 20 hari saja sudah terjadi aktivitas gempa dirasakan...
MI/Ramdani

Menhub: 36 Ahli Waris Sriwijaya Air SJ182 Sudah Dapat Santunan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:20 WIB
SEBANYAK 36 ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah menerima santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta untuk...
Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya