Rabu 25 November 2020, 12:04 WIB

RI-Belanda Tingkatkan Kerja Sama Sains dan Pendidikan

Eni Kartinah | Humaniora
RI-Belanda Tingkatkan Kerja Sama Sains dan Pendidikan

Ist
Ajang Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020 digelar secara virtual.

 

AJANG Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020 diselenggarakan NWO, KNAW, Nuffic Neso Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ALMI, dan Kedutaan Besar Belanda di Indonesia secara virtual. WINNER 2020 kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan di Indonesia. 

WINNER diumumkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte selama kunjungannya ke Indonesia pada bulan Oktober 2019 dan disampaikan oleh Ketua Nederlandse Organisatie voor Wetenschappelijk Onderzoek (NWO)  Wim van den Doel kepada Raja dan Ratu Belanda serta Menteri Luar Negeri Indonesia, selama kunjungan kenegaraan Belanda ke Indonesia pada bulan Maret 2020.

Mendorong peneliti ilmiah dan terapan Indonesia dan Belanda untuk bekerja sama dalam masalah global yang relevan bagi masyarakat dan pembuat kebijakan di kedua negara, terutama terkait pencapaian SDGs. 

Dalam hal ini, memungkinkan Indonesia untuk belajar dari pendekatan Belanda untuk membangun sistem pendidikan tinggi dan inovasi sains.
Mempromosikan kolaborasi Litbang, kemitraan publik-swasta serta penelitian terapan di Living Labs di mana institusi pendidikan tinggi Indonesia dan Belanda berkolaborasi dengan sektor swasta Indonesia dan Belanda.

Pada  WINNER 2020 yang mengambil tema “Achieving the SDGs: from Knowledge to Practice”, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi RI Bambang Brodjonegoro menyatakan komitmen di tingkat tertinggi untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Indonesia ke penelitian Belanda dan peluang pendidikan serta kerjasama beasiswa. 

“WINNER adalah sebuah acara yang akan memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara dan membentuk kolaborasi baru,” jelasnya, pada keterangan pers, Rabu (25/11).

“Perlunya kolaborasi internasional menjadi prioritas - untuk mempercepat kualitas perguruan tinggi Indonesia melalui kerjasama internasional terutama dengan Belanda,” tambah Bambang.

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda Ingrid van Engelshoven menyatakan komitmen di tingkat tertinggi untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia dan peluang pendidikan serta kerja sama beasiswa.

“Pelaksanaan WINNER yang pertama ini akan memiliki fokus khusus tentang bagaimana Indonesia dan Belanda dapat belajar dan saling mendukung dalam kolaborasi sains dan pendidikan untuk mengatasi krisis Covid-19,” kata Ingrid van Engelshoven. (Nik/OL-09)
 

Baca Juga

DOK MI

Kolaborasi BKM-PII dengan Perguruan Tinggi akan Hasilkan Inovasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:45 WIB
Kolaborasi dengan perguruan tinggi diharapkan bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi...
ANTARA

Pendidikan Vokasi akan Mengembangkan Bakat Spesifik Siswa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 22:59 WIB
Perkembangan pesat teknologi telah menghilangkan banyak profesi sekaligus melahirkan profesi-profesi baru yang membutuhkan bakat spesifik....
Ist

Awas, Hidden Hunger Ganggu Tumbuh Kembang Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 22:00 WIB
Orangtua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya