Kamis 19 November 2020, 00:50 WIB

Pekan Depan, Indonesia Kirim lagi Jemaah Umrah

MI | Humaniora
Pekan Depan, Indonesia Kirim lagi Jemaah Umrah

ANTARA
Menteri Agama Fachrul Razi

 

MENTERI Agama Fachrul Razi menyatakan Indonesia akan kembali memberangkatkan jemaah umrah pekan depan setelah evaluasi menyeluruh dilakukan atas temuan kasus 13 jemaah umrah terkonfirmasi positif di Arab Saudi.

“Setelah 20 November, kita insya Allah sudah bisa mengirim lagi. Flight berikutnya 22 November. Kita sudah ada rencana mengirim berikutnya,” ujar Menag saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPRI di Jakarta, kemarin.

Dari hasil evaluasi, Menag meminta agar penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan kepada jemaahnya seperti melakukan karantina tiga hari sebelum keberangkatan dan tes covid-19 lewat PCR test lebih awal.

“Hal ini dilakukan guna memastikan proses tes PCR atau swab dengan benar, tidak mepet waktunya, dan menghindari risiko adanya pemalsuan data status jemaah,” terang Menag.

Pasalnya, Kemenag menemukan keberangkatan 359 jemaah dalam tiga gelombang pada awal November 2020 oleh 44 PPIU tidak sesuai
dengan prosedur. Jemaah berangkat umrah tanpa adanya karantina terlebih dahulu, langsung berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta,
Tangerang. 

Menag juga menekankan pentingnya verifikasi dan validasi dokumen hasil PCR test yang dilakukan petugas Kementerian Kesehatan RI.
“Ada kemungkinan pemalsuan bukti bebas covid-19,” kata Menag.

Terkait dengan haji di 2021, Menag mengaku masih menunggu kepastian pemerintah Arab Saudi. Menag juga menyampaikan ada kenaikan pajak terhadap layanan jemaah haji menjadi sebesar 15%. “Saya meminta penyesuaian bipih (biaya haji) tidak dibebankan kepada jemaah,” pintanya kepada DPR. (Bay/Medcom.id/H-2)
 


 

Baca Juga

DOK Basarnas

BMKG Temukan Fenomena Aneh pada Gempa Majene

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 16:45 WIB
Padahal sebaran stasiun seismik BMKG sudah cukup baik di daerah...
ANTARA/Akbar Tado

Kemensos Kirim Bantuan Rp1,7 Miliar untuk Korban Gempa Sulbar

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 16:15 WIB
Selanjutnya seluruh ahli waris korban bencana meninggal dunia akan diberikan santunan dengan nilai yang...
ANTARA

Satgas Covid-19 Tegaskan tidak Ada Vaksinasi Mandiri

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 15:05 WIB
Karena seluruh biaya yang dibayarkan untuk membeli vaksin adalah anggaran pemerintah, sudah semestinya pelaksanaannya juga ditangani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya